Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Non-Kognitif Pada Siswa Kelas Enam Sekolah Dasar Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sumarno Sumarno,

Abstract


Telah banyak penelitian mengenai pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar murid dari berbagai tingkat sekolah, antara lain Coleman, 1969 (6), Peaker, 1971 (20), Keeves, 1972 (11), Brimmer, 1978 (5) dan Mugihadi (1979 (18).

Hasil penelitian Coleman di USA sempat menarik perhatian para ahli pendidikan, karena terbukti pengaruh lingkungan. beberapa penelitian lain berhasil menunjukkan pentingnya aspek affektive sebagai penghantar pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar murid di sekolah (7,12).

Meskipun telah diungkapkan dalam penelitian mengenai mutu pendidikan di kelas enas sekolah dasar seluruh Indonesia, pentingnya lingkungan keluarga dan sekolah terhadap prestasi belajar yang dicapai murid (BP3K - Mugihadi - 1979); namun belum banyak dibahas pengaruh terhadap tiga segi non-kognitif yang telah terbukti dibeberapa penilitian lain berpengaruh terhdap prestasi belajar murid, yaitu: sikap terhadap ekolah, motivasi berprestasi, dan aspirasi pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats