PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM SOSIAL MASYARAKAT

Usman Mulbar,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika dengan memanfaat- kan sistem sosial masyarakat untuk menumbuhkembangkan budaya kesatria dan integritas diri siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang produknya diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar mengajar matematika. Sesuai dengan tahapan pengembangan, diperoleh hasil adalah sebagai berikut. Pertama, teori yang digunakann untuk mengembangkan desain pembelajaran adalah modifikasi model pengembangan sistem instruksional pembelajaran Thiagarajan. Fase-fase pengembangan yang dilalui adalah tahap: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); dan (3) dan pengembangan (develop). Kedua, desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan sistem sosial masyarakat (rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar matematika) berkualitas baik adalah memenuhi kriteria validitas, praktisitas, dan efektivitas. Tes hasil belajar matematika dalam funginya sebagai instrumen penelitian memenuhi kriteria validitas, sensitivitas, dan reliabilitas. Validitas setiap item tes hasil belajar adalah sangat tinggi dan tinggi, sensititivitas setiap item tes memiliki kepekaan, dan reliabilitas tes sangat tinggi. Kata Kunci : desain pembelajaran matematika, sistem sosial masyarakat DEVELOPMENT OF MATHEMATICS INSTRUCTIONAL DESIGN BY UTILIZING THE COMMUNITY SOCIAL SISTEM Abstract: This study aims to produce designs that take advantage of mathematics learningsocial system to develop the practice of knight sand integrity in junior high schoolstudents. Therefore, this type of research isthe development of the productis expected to facilitate the teaching and learning of mathematics that lead to quality learning. Based on the stage of development reached, the obtained results, namely. First, the theory digunakann to develop mathematics instructional designis a modified model of learning instructional systems development Thiagarajan (1974). Phases of development to be taken, namely: (1) define; (2) design; and (3) develop. Second, mathematics instructional design that utilizes social system (lesson plan, guidethe teacher, student books, student activity sheet, and math achievement test) good quality, which meets the criteria ofa valid, practical, and effective. Medium math achievement test in funginya as research instrumentsmeet the criteria ofvalidity, sensitivity, and reliability. The validity of each item achievement test is very high and high; sensititivitas each item test has sensitivity; and reliability of the test is very high. Keywords: design study of mathematics, social system

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats