PENGEMBANGAN MODEL “LIS-5C” PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Putu Sudira,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konsepsional dan model hipotetik LIS-5C dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap studi literatur, perumusan model konsepsional, dan perumusan model hipotetik LIS-5C. Model konsepsioanal LIS-5C mencakup: (1) komponen filosofis: esensialisme dan pragmatisme; (2) komponen teoretis: teori belajar kognitivisme dan konstruktivisme, teori pendidikan kejuruan untuk pembangunan berkelanjutan; (3) komponen metodologis critical thinking and problem solving; communication, collaboration, and cellebration; creativity and innovation; dan (4) komponen teknis berpikir secara kreatif, bekerja secara kreatif dengan orang lain, menerapkan inovasi; memecahkan masalah, berkomunikasi secara efektif, bekerjasama dengan orang lain. Model hipotetik LIS-5C bermuara kepada skill belajar memecahkan masalah secara kreatif berdasarkan skill belajar berpikir kreatif, bekerja kreatif dengan orang lain, dan mengimplementasikan hasil inovasi dalam pemecahan masalah.
Kata Kunci: learning-innovation skills (LIS), creativity, critical thinking, communication, collaboration, celebration, pemecahan masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats