AFFECTIVE DOMAIN DEVELOPMENT: REALITY AND EXPECTATION

Sugirin Sugirin,

Abstract


Abstrak: Pengembangan Ranah Afektif: Kenyataan dan Harapan. Pendidik masa
kini mendambakan perhatian yang seimbang terhadap pengembangan ranah kognitif,
psikomotorik dan afektif dalam mendidik generasi muda. Namun, di dalam
pelaksanaannya sedikit sekali penghargaan yang diberikan kepada anak-anak yang
telah menunjukkan perkembangan ranah afektif secara baik. Hal ini terjadi karena
tolok ukur keberhasilan pendidikan selalu mengacu kepada prestasi siswa yang
terkait dengan ranah kognitif atau psikomotorik. Selain itu, banyak contoh ambivalensi
dalam kehidupan nyata di masyarakat yang dapat melemahkan pondasi
bagi pengembangan ranah afektif. Apabila generasi muda diharapkan berkembang
menjadi manusia seutuhnya, penghargaan yang layak seharusnya diberikan
kepada mereka yang berhasil dalam mengembangkan ranah afektifnya, dan harus
ada teladan yang dapat mereka acu. Selain itu, pendampingan perlu dilakukan oleh
orang tua dan guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats