PEMBELAJARAN GAYA HIDUP SEHAT MENUJU TINGKAT SEHAT PRIMA TERPADU SEPANJANG HAYAT

Nurlan Kusmaedi,

Abstract


Abstrak: Pembelajaran Gaya Hidup Sehat menuju Tingkat Sehat Prima Terpadu Sepanjang Hayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan manajemen pembelajaran gaya hidup sehat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup sehat untuk mencapai tingkat sehat prima terpadu sepanjang hayat, dan kemudian untuk menghasilkan model empiris-konseptual. Secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek terbatas, melalui prosedur penelitian dan pengembangan. Metode deskriptif digunakan dengan subyek terbatas yang berpartisipasi dalam penelitian lapangan. Mereka adalah lima orang tua dan lima institusi di mana mereka aktif terlibat dalam kegiatan lembaga di Bandung dan Jatinangor, dan metode eksperimen dengan pretest kelompok kontrol dan desain posttest, sedangkan subjek 30 orang lanjut usia berumur enam puluh atau lebih dari enam puluhan, yang terdiri 15 orang untuk kelompok kontrol dan 15 orang untuk kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini dirumuskan berbagai upaya seperti perencanaan belajar-mengajar, pelaksanaan, evaluasi, efek yang dihasilkan, dan kemudian menghasilkan model sebagai paradigma baru model pembelajaran gaya hidup sehat menuju tingkat sehat prima terpadu sepanjang hayat. Kata Kunci: multidimensi kesehatan, gaya hidup sehat, sepanjang hayat, tingkat sehat prima Abstract: Teaching Learning of Healthy Life Style toward Long Life Integrated High Level Wellness. The study aims to explore and explain healthy life style teaching learning management as an effort to increase the quality of healthy life in order to reach the long life integrated high level wellness, and then to produce an empiric-conceptual model. Methodologically the study uses qualitative approach with limited subject, through research and development procedure. Descriptive method is used with the limited subjects participating in the field research. They were five elderly people and five institutions where they are actively involved in the institution activities in Bandung and Jatinangor, and experiment method with control group pre test and post test design, whereas the subject were 30 elderly people of sixty or more than sixties ages, consisting 15 people for control group and 15 people for experimental group. The result of the study were formulated many efforts such as teaching learning planning, actuating, evaluating, and resulting effect, and then producing a model as a new paradigm of healthy life style teaching learning model into integrated high level wellness.


Keywords: multi dimention of health, healthy life style, elderly, integrated high leve
wellness


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats