FILSAFAT SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN MENUJU KEMANDIRIAN BANGSA

Ali Mudhofir,

Abstract


Abstrak: Pendidikan merupakan rangkaian proses tanpa akhir untuk mendewasakan manusia. Pendidikan mengisyaratkan bahwa anak yang terdidik dengan baik akan memberi warna kebaikan bagi dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat Kesadaran demikian itu sejatinya telah dipahami masyarakat Indonesia, namun berbagai tantangan dan godaan dunia merontokkan benteng kepribadian. Kemandirian bangsa dapat diraih melalui pendidikan yang baik pada tataran formal, nonformal, dan informal. Pemahaman mengenai filsafat pada esensinya adalah memaknai hidup dengan menghargai orang lain dan lingkungannya. Namun, kesadaran ini seolah luntur karena memahami filsafat sebatas dasar ilmu bukan aplikasinya dalam kehidupan. Sosok kemandirian bangsa sesungguhnya adalah karakter individu yang tergambar dalam perilakunya. Filsafat mendasari gerak langkah kehidupan manusia dalam pendidikan dengan harapan dapat mengembangkan kemandirian dan berimplikasi pada keteraturan dan kebaikan di sekitarnya. Filsafat diharapkan mendasari seluruh aspek pendidikan, karena salah satu esensi yang terkandung di dalamnya adalah kejujuran dan keadilan.
Kata Kunci: filsafat, wahana pendidikan, kemandirian bangsa
PHILOSOPHY AS AN EDUCATIONAL MEANS TOWARDS NATION’S SELF-DEPENDENCE
Abstract: Education is essentially a never-ending process to make people more mature. Education indicates that well educated children will give positive contribution to themselves, their families, and the society. The Indonesian have been aware of this but global challenges have a bad effect on their personality. The nation’s self-dependence can be achieved through formal, non-formal, and informal education. Understanding philosophy is essentially understanding about life and respecting others and the environment. However, such an awareness has faded away because people understand philosophy only as a science not to be applied in real life. The nation’s self-dependence is actually individuals’ character manifested in the behavior. Philosophy should be used as a basis for human life in education so that it can develop self-dependence and finally it can create regularity and goodness to the environment. Philosophy is expected to be the basis for all educational aspects because one of its principles is honesty and fairness.
Keywords: philosophy, education’s space, nation’s self-dependence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats