Behavior Patterns of Academic Procrastination in Doing Final Projects

Soegiyanto Soegiyanto, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ipang Setiawan, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Moch Fahmi Abdulaziz, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Dhimas Bagus Dharmawan, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Vivi Septiana Parista, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Abstract:The aim of this research is to define the patterns of athlete student’s academic procrastination behaviorsin accomplishing their final projects. This research used qualitative approach with ethnographic and phenomenology design. The population of this research was athlete students of Faculty of Sports Science from classes of 2010, 2011, and 2012 whowere in the process of completingtheir final projects. They were selected through purposive random sampling. The results reveal various patterns of athlete student’s academic procrastination behaviors. Six patterns emerge from the data 1) Traveling, 2) Only lying on the bed and watching TV in boarding house, 3) Talking about something unimportant, 4) Going home, 5) Doing physical activities, and 6) Having jobs like coach and referee. These procrastination behaviors formspecific patterns based on student’sexperience and background.
Keywords: behaviorpatterns, academic procrastination, final project, athlete students
POLA PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola perilaku mahasiswa atlet saat melakukan tindakan prokrastinasi akademiknya dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain etnografis dan fenomenology. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa atlet Fakultas Ilmu Keolahragaan yang sedang menyusun skripsi, selanjutnya pengambilan sampel dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket terbuka, analisis data dilakukan secara induktif dengan menggunakan siklus interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya berbagai macam pola perilaku mahasiswa atlet dalam melakukan prokrastinasi penyusunan skripsinya. Ada enam pola yang ditemukan, yaitu 1) traveling, 2) tiduran dan nonton tv di kos, 3) membicarakan hal yang tidak penting, 4) pulang ke kampung halaman, 5) melakukan aktivitas fisik, dan 6) mengambil job pelatih dan wasit. Perilaku prokrastinasi ini membentuk pola-pola tersendiri sesuai pengalaman dan latar belakang dari subjek penelitian.
Kata Kunci: pola perilaku, prokrastinasi akademik, skripsi, mahasiswa atlet

Keywords


Pola Perilaku, Prokrastinasi akademik, Skripsi, Mahasiswa Atlet

Full Text:

PDF

References


Ahmaini, Dini. (2010). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa yang Aktif Dengan yang Tidak Aktif Dalam Organisasi Kemahasiswaan Pema USU. Skripsi: tidak dipublikasikan Andian Ari Istiningrum. (2017). Peningkatan Self - Regulated Learning Skills Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pengantar Melalui Problem-Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan. XXXVI (1), pp. 81-90. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/11080 Cobb, R. (2003). The Relationship Between Self Regulated Learning Behaviors and Academic Performance in Web-Based Courses. Ph.D Dissertation. Faculty of Virginia Polytechnic Institute and State University. Crawford, E. D. Lachlan., & Tee, Chua Teo. (2000). Promoting adversity quotient among Singaporean school children, dalam REACT, 1, hlm.10-14 Deci, E.L, Ryan, R., & Williams, G. (1996). Need Self- Regulation Satisfaction and Learning. Journal Learning and Individual Differences, 8(3), pp. 165-183. Dwi Nur Rachmah, Marina Dwi Mayangsari, dan Sukma Noor Akbar. (2015). Motivasi Belajar Sebagai Mediator Hubungan Kecerdasan Adversitas dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV (2), pp. 211-221. Dari : http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4826 Ghufron, S. Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Kardila. Y.T, & Nu’man, T.H. (2011). Hubungan antara Adversity Quotient dengan Prokrastinasi Akademik dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Lee, J. & Mendlinger, S. (2011). Perceived SelfEfficacy and Its Effect on Online Learning Acceptance and Student Satisfaction. Journal of Service Science and Management, 4, Hlm. 243-252 Miles, B.B., dan A.M. Huberman. (1992). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Nela Regar Ursia, Ide Bagus Siaputra, dan Nadia Sutanto. (2013). Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Makara Seri Soisal Humaniora. 17(1), pp. 1-18. Poerwodarminto. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Phoolka, Shivinder., & Kaur, Navjot. (2012). Adversity Quotient: a New Pradigma to Explor”. International Jurnal of Contemporary Business Studies. 3(4), pp. 67-78. Rekapitulasi progres skripsi, diakses melalui laman www.skripsi.unnes. ac.id /17/02/2017. 21.05) Rostaminezhad, M.A , Mozayani, N , Norozi, D , Iziy, M. (2013). Factors Related to E-learner Dropout: Case Study of IUST Elearning Center. Social and Behavioral Science, 83, 522-527. Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi (Universitas Diponegoro), 3(2). Diakses tanggal 2 Febuari 2017, dari http://ejournal.undip.ac.id/ index .php/psikologi/article/ download/656 /530.Pdf Suciati. (2017). Interaksi Kesiapan Belajar Dan Kepuasan Terhadap Layanan Pada Pembelajaran Online Program Pascasarjana. XXXVI (1), pp. 81-90. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/11080. Zimmerman, B. (1998). Self-regulated Learning: from Teaching to Self-reflective Practice. New York: Guilford Press. Zimmerman, B.J. & Kitsantas, A. (2005). The Hidden Dimension of Personal Competence: Self Regulated Learning and Practice dalam Elliot, A.J.& Dweck, C.S.,Handbook of Competence and Motivation, h 204-222. New York: Guilford Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats