DEVELOPING EXPERIMENT-BASED TEACHING MATERIALS OF FRACTAL GEOMETRY TO UPGRADE STUDENTS’ COMPETENCES

Dwi Juniati, Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
I Ketut Budayasa, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstract: This study was aimed at producing experiment-based teaching materials of fractal geometry in order to improve students’ competence. Development research model proposed by Thiagarajan, Semmel & Semmel was adopted. The subjects were mathematics students of Universitas Negeri Surabaya taking Fractal geometry course in 2015/2016 academic year. Teaching materials included lecture books and students’ worksheets containing experiment activities. Experiments were conducted using open source software and measurement tools. Experiment topics comprised spirolateral construction, fractal construction with iterated function system, Fractal dimension calculation methods and their applications. The results of this study showed that the teaching materials were valid, practical and effective.

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI FRAKTAL BERBASIS
EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar geometri fraktal yang berbasis eksperimen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan, Semmel, & Semmel. Subjek penelitian adalah mahasiswa matematika Universitas Negeri Surabaya yang memprogram geometri fraktal. Bahan ajar yang dihasilkan adalah buku dan lembar kerja mahasiswa yang berbasis eksperimen. Kegiatan eksperimen yang dirancang berbasis data yang dijumpai di lapangan dan penggunaan teknologi multimedia yang berupa bermacam software dan penggunaan alat untuk pengukuran. Topik eksperimen yang diberikan adalah pembentukan spirolateral, pembentukan fraktal dengan menggunakan objek geometri klasik,pembentukan  fraktal dengan sistem Lindenmayer, pembentukan Fraktal dengan sistem fungsi teriterasi,penghitungan dimensi fraktal dan aplikasinya. Teknik pengumpulan data lewat angket dan pengamatan;data dianalisis secara kualitatif dan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci: Geometri Fraktal, pembelajaran berbasis eksperimen, pengembangan bahan ajar


Keywords


Fractal Geometry, learning by experiments, development of teaching materials, Geometri Fraktal, pembelajaran berbasis eksperimen, pengembangan bahan ajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats