MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PERTANYAAN SOCRATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

I Wayan Redhana,

Abstract


Abstrak: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Socratic
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP. Penelitian kuasi eksperimental ini menggunakan nonequivalent control group design, dengan melibatkan 273 siswa dari empat SMP di Buleleng, Bali. Dua kelas diambil dari masing-masing sekolah, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung, dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen
yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik. Data dianalisi dengan menggunakan Ancova pada taraf signifikansi 5%.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik lebih efektif jika dibanding dengan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan Socratik, berpikir kritis Abstract: A Problem-Based Teaching Model and The Socratic Question to Improve Students’ Critical Thinking Skill. This study was aimed to test the effectiveness
of the problem-based teaching model and the Socratic questions to improve the students’ critical thinking skill in the science subject at the junior high school. This quasi-experimental study employed the nonequivalent control group design, involving 273 students from four junior high schools in Buleleng, Bali. Two
classes were taken from each school, one as the control group taught using the direct teaching model and one as the experimental group taught using the problembased
teaching model and the Socratic questions. The data were analyzed using the Ancova analysis at the significance level of 0.05. The findings showed that the problem-based teaching model and the Socratic questions were more effective than
the direct teaching model in improving the students’ critical thinking skill.

Keywords: problem-based teaching, Socratic question, critical thinking


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats