Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelegence Pada Guru SMK Ma’arif Di DIY

Penulis

  • R. Andro Zylio Nugraha Yogyakarta State University
  • Endra Murti Sagoro Universitas Negeri Yogyakarta
  • Isroah Isroah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amanita Novi Yushita Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ponty SP Hutama Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

Artifical Intelligence, Keterampilan Guru, SMK

Abstrak

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu peningkatan keefektifan pembelajaran. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang menarik sehingga pencapaian tujuan pembelajaran lebih efektif. Artifical Intelligence (AI) merupakan salah satu bentuk teknologi yang dapat membantu guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam membuat media pembelajaran berbasis AI diantaranya yaitu kurangnya keterampilan teknologi dan kesulitan dalam menyajikan materi dengan media yang menarik dan interaktif. Permasalahan keterampilan penggunaan AI dan pembuatan media yang menarik juga dialami oleh guru-guru SMK Ma’arif di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan informasi awal yang didapatkan dari guru-guru SMK Ma’arif, salah satu penyebab masalah rendahnya keterampilan guru dalam pemanfaatan AI untuk media pembelajaran yaitu keterbatasan pelatihan dan pendampingan bagi guru. Oleh sebab itu, diperlukan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang memberikan pengenalan AI kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan guru terhadap AI dan penggunaanya dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, kegiatan ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis AI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28