Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelegence Pada Guru SMK Ma’arif Di DIY
Kata Kunci:
Artifical Intelligence, Keterampilan Guru, SMKAbstrak
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu peningkatan keefektifan pembelajaran. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang menarik sehingga pencapaian tujuan pembelajaran lebih efektif. Artifical Intelligence (AI) merupakan salah satu bentuk teknologi yang dapat membantu guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam membuat media pembelajaran berbasis AI diantaranya yaitu kurangnya keterampilan teknologi dan kesulitan dalam menyajikan materi dengan media yang menarik dan interaktif. Permasalahan keterampilan penggunaan AI dan pembuatan media yang menarik juga dialami oleh guru-guru SMK Ma’arif di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan informasi awal yang didapatkan dari guru-guru SMK Ma’arif, salah satu penyebab masalah rendahnya keterampilan guru dalam pemanfaatan AI untuk media pembelajaran yaitu keterbatasan pelatihan dan pendampingan bagi guru. Oleh sebab itu, diperlukan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang memberikan pengenalan AI kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan guru terhadap AI dan penggunaanya dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, kegiatan ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis AI
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL PUNAKAWAN

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.