Hubungan Peran Guru dan Fasilitas Bengkel Terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengelasan SMAW Kelas XII di SMK Negeri 1 Purworejo
Kata Kunci:
peran guru, fasilitas bengkel, prestasi belajar, SMAWAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran guru, fasilitas bengkel, serta peran guru dan fasilitas bengkel secara bersamaan terhadap prestasi belajar praktik pengelasan SMAW kelas XII di SMK Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 siswa dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Terdapat tiga uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru, fasilitas bengkel, serta peran guru dan fasilitas bengkel secara bersamaan terhadap prestasi belajar praktik pengelasan SMAW kelas XII di SMK Negeri 1 Purworejo. Hal tersebut dilihat dari nilai yang diperoleh yaitu rx1y sebesar 0,781, rx2y sebesar 0,745, dan rx1x2y sebesar 0,821.
Unduhan
Referensi
Bafadal, I. (2014). Manajemen perlengkapan sekolah : teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
BPS. (2023). Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan tingkat pendidikan. Diakses tanggal 12 November 2023 dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Krismiyati, K. & Yulia, H. (2023). The relationship between student engagement and their perception of success in online learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 12-22.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.