Penerapan Metode Peer Teaching pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Konvensional untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan

Penulis

  • Andhika Pratama Syahputra Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bernardus Sentot Wijanarka Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Edi Susilo SMK Negeri 2 Depok, Sleman

Kata Kunci:

Peer Teaching, Pemesinan Konvensional, Strategi Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Siswa merasa kesulitan untuk mengikuti beberapa mata pelajaran salah satunya adalah mata pelajaran Teknik Pemesinan Konvensional yang di mana peserta didik baru saja naik ke kelas XI sehingga mereka masih awam mengenai praktik pemesinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode peer teaching terhadap peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mata pelajaran teknik pemesinan konvensional. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 33 siswa kelas XI teknik pemesinan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sikap, tes pengetahuan, dan tes keterampilan. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peer teaching mampu meningkatkan kompetensi sikap siswa. Pada siklus 1 meningkat 64% dan pada siklus 2 meningkat 27%. Peer teaching mampu meningkatkan pengetahuan siswa. Pada posttest siklus 1 dengan persentase ketuntasan 57,6%. Pada pretest siklus 2 persentase ketuntasan 64%. Pada posttest siklus 2 persentase ketuntasan 100%. Peer teaching pada tes keterampilan memberikan dampak positif dimana tingkat ketuntasan siswa mencapai 94%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (1986). Pengelolaan Siswa dan Kelas Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV. Rajawali.

Benny. A. (2011). Model desain Sistem Pembelajaran, cet. Ke-3. Jakarta: Dian Rakyat

Clarke, L. & Winch, C. (2007). Vocational Education International Aproach, Development, and System. New York: Routledge

Murniati A. R. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Menegah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Widarto. (2008). Kompetensi Operator Mesin Perkakas. Yogyakarta: LeutikaPrio

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30