IMPLEMENTASI RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) BENGKEL TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI 1 SEDAYU BANTUL
Indonesia, Inggris
Keywords:
Pelaksanaan 5R, bengkel kerja TKRO, Hambatan dan Solusi, Implementation of 5R, TKRO workshop, Obstacles and SolutionsAbstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui; (1) pelaksanaan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin di Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 1 Sedayu; (2) hambatan yang dialami oleh pengelola bengkel dalam pelaksanaan 5R di Program TKRO SMK N 1 Sedayu ditinjau dari jawaban pengelola bengkel melalui wawancara yang diberikan; serta memberikan saran untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Jenis penelitian yang dipakai merupakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah pengelola bengkel kerja TKRO yang berjumlah 11 orang dengan rincian 1 kepala jurusan, 1 toolman, dan 9 guru produktif. Penelitian ini memakai instrumen seperti; (1) angket kepada pengelola bengkel TKRO; (2) lembar pedoman wawancara untuk kepala jurusan; guru produktif; dan toolman. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan 5R dalam pengelolaan bengkel praktik program keahlian TKRO secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5R dalam kategori baik yaitu mencapai 76,6%; (2) terdapat hambatan dalam pelaksanaan 5R seperti pengelolaan barang yang telah dihapus, alat dan bahan yang masih kurang, siswa yang masih belum peduli terhadap lingkungan, serta pendanaan yang masih kurang. Solusi untuk hambatan 5R yaitu diadakannya sosialisasi 5R terutama siswa-siswa yang mengikuti pembelajaran. Selain itu pemberian poster 5R serta perawatan yang lebih terorganisir terhadap peralatan maupun lingkungan bengkel kerja.
Kata Kunci: Pelaksanaan 5R, bengkel kerja TKRO, Hambatan dan Solusi.
Abstract
This study aims to determine; (1) the implementation of Concise, Neat, Clean, Caring, Diligent in the Automotive Light Vehicle Engineering Expertise Program at SMK N 1 Sedayu; (2) the obstacles experienced by the workshop manager in implementing 5R in the TKRO Program at SMK N 1 Sedayu in terms of the workshop manager's answers through the interviews given; and provide suggestions for solving these problems. The type of research used is descriptive quantitative. The research sample was TKRO workshop managers, totaling 11 people with details of 1 department head, 1 toolman, and 9 productive teachers. This research uses instruments such as: (1) questionnaire to TKRO workshop managers; (2) interview guide sheets for heads of departments, productive teachers; and a toolman. The results of this study are as follows: (1) The implementation of the 5S in the management of the practice workshop of the TKRO expertise program as a whole has been well implemented. This is evident from the average implementation of the 5S in the good category, namely reaching 76.6%; (2) there are obstacles in the implementation of 5R such as the management of items that have been removed, tools and materials that are still lacking, students who do not care about the environment, and funding that is still lacking. The solution to the 5R obstacles is holding 5R socialization, especially for students who take part in learning. Besides that, the provision of 5R posters and more organized maintenance of the equipment and workshop environment.
Keywords: Implementation of 5R, TKRO workshop, Obstacles and Solutions.