Perbandingan analisis kewirausahaan dalam Novel dan Film "Madre" dan "Filosofi Kopi"
Yoyon Suryono, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi cerita dalam novel dan film “Madre” dan “Filosofi Kopi”, (2) unsur kewirausahaan, (3) perbedaan unsur kewirausahaan antara novel dan film “Madre” dan “Filosofi Kopi”, (4) pengembangan program pendidikan luar sekolah tentang kewirausahaan yang terkait dengan cerita “Madre” dan “Filosofi Kopi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) “Madre” menceritakan tentang seorang pemuda yang mengelola kembali toko roti milik kakeknya yang telah bangkrut, sedangkan “Filosofi Kopi” menceritakan tentang dua sahabat yang merintis usaha kedai kopi dengan berbagai inovasi baru (2) unsur kewirausahaan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kegiatan kewirausahaan, sikap, karakteristik, dan perilaku wirausaha, kreasi dan inovasi serta kepemimpinan. (3) perbedaan unsur kewirausahaan dalam novel dan film “Madre” dalam hal kepemimpinan, sedang dalam novel dan film “Filosofi Kopi” dalam hal kreasi dan inovasi, (4) pengembangan program kewirausahaan berupa pelatihan memasak roti serta pengolahan biji kopi.
Kata Kunci: kewirausahaan, perbandingan, novel dan film
Comparative Analysis of Entrepreneurship in the Novel and Film “Madre” and “Filosofi Kopi”
Abstract
This research aims to determine: (1) Madre’s and Filosofi Kopi’s description, (2) entrepreneurial elements, (3) the different entrepreneurial elements between novel and film”Madre” and “Filosofi Kopi”, (4) the developing of non formal education’s program related to entrepreneurship mentioned in the story of “Madre” and “Filosofi Kopi”. The approach used in this study was qualitative content analysis. The research findings reveals that (1) Madre is stroty about a young man who reopen his grandfather’s bakery, besides Filosofi Kopi is stroty about two bestfriends are starting up their new bussiness of coffee shop (2) entrepreneurial elements in novel and film “Madre” and “Filosofi Kopi” were entrepreneurial activity, the attitude, characteristics, and behaviors of entrepreneur, creativity and innovation, also leadership, (3) the different entrepreneurial elements between novel and film “Madre” wass the leadership, while between novel and film “Filosofi Kopi” was the creativity and innovation, (4) the developed entrepreneurship program related to story of “Madre” and “Filosofi Kopi” were training of making bread and processing coffee bean seeds.
Keywords: entreprenurship, comparison, novel and film
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adi, I. R. (2011). Fiksi Populer Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Retrieved from http://pustakapelajar.co.id/buku/fiksi-populer-teori-dan-metode-kajian/
Alifuddin, M. (2012). Reformasi pendidikan : strategi inovatif peningkatan mutu pendidikan. Magnascript Pub.
Audretsch, D. B. (2014). From the entrepreneurial university to the university for the entrepreneurial society. The Journal of Technology Transfer, 39(3), 313–321. http://doi.org/10.1007/s10961-012-9288-1
Baron, R. A. (2012). Entrepreneurship : an evidence-based guide. Edward Elgar.
Kaijun, Y., & Sholihah, P. I. (2015). A comparative study of the Indonesia and Chinese educative systems concerning the dominant incentives to entrepreneurial spirit (desire for a new venturing) of business school students. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 1. http://doi.org/10.1186/s13731-014-0014-0
Kasmir. (2011). Kewirausahaan edisi revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Marzuki, S. (2010). Pendidikan nonformal, dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan dan andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Retrieved from http://www.tokobukupenelitian.com/2013/04/pendidikan-nonformal-dimensi-dalam.html
Noseleit, F. (2013). Entrepreneurship, structural change, and economic growth. Journal of Evolutionary Economics, 23(4), 735–766. http://doi.org/10.1007/s00191-012-0291-3
Nugroho, R. (2015). Membangun entrepreneur Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Pamungkas, A., & Fauziah, P. Y. (2014). Evaluasi program kewirausahaan bengkel pada kejar paket B di PKBM Tunas Bangsa Tugu Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 136–148. http://doi.org/10.21831/JPPM.V1I2.2684
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra: Perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Retrieved from http://grahailmu.co.id/index/buku/detil/0/1/22/65/buku1188.html
Soemanto, W. (1996). Sekuncup ide operasional pendidikan wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.
Soeratno, S. C. (2010). Bahasa, sastra, dan masyarakat (Kumpulan pidato pengukuhan guru besar sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudrajad. (2012). Kiat mengentaskan pengangguran & kemiskinan melalui wirausaha. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryanto, R. (2015). Meretas kesiapan SDM Indonesia menghadapi MEA 2015. Seminar Nasional Strategi Pengembangan SDM Dalam Menghadapi Ekonomi Masa Depan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UMY, tanggal 15 Maret 2015, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Trianton, T. (2013). FILM sebagai media belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wicaksana, A. (2014). Pengkajian prosa fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Zampetakis, L. A., Lerakis, M., Kafetsios, K., & Moustakis, V. (2015). Using short films for the effective promotion of entrepreneurship. Journal of Global Entrepreneurship Research, 5(1), 23. http://doi.org/10.1186/s40497-015-0040-9
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.10590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.