Efek modifikasi jarak servis dan tinggi net terhadap keterampilan servis bawah pada atlet pelajar bola voli mini

Putu Widiyatmoko, Wara Kushartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis bawah pada pembelajaran bolavoli mini siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang melalui modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang yang berjumlah 26 siswa. Penelitian berlangsung pada semester pertama yaitu bulan November dan Desember 2015 tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi jarak pelaksaan servis dan tinggi net pada pembelajaran permainan bolavoli dapat meningkatkan keterampilan servis bawah pada siswa kelas 5 SDN Selomoyo Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Berdasarkan data hasil tes siklus I rata-rata nilai siswa adalah 70 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 68. Pada siklus II rata-rata nilai siswa adalah 80 dan 92% siswa dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Berdasarkan pada hasil penilaian tersebut bahwa pada siklus II rata-rata nilai kelas 5 SDN Selomoyo, Kaliangkrik, Magelang adalah 82 dan nilai tersebut telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam pembelajaran permainan bolavoli mini.

 

Improving underhand service skill on miniature volleybal learning trough space of service work and the height of net modification

 

Abstract

This study aimed to improve the underhand service skill on the miniature volleyball game learning based on the modification the space of service work and height of net among class 5 Selomoyo Junior High School, Kaliangkrik Subdistrict, Magelang Regency. This was a classroom action research study consisting of two cycles. The object of the research comprised 26 students of class 5 Selomoyo Elementary School, Kaliangkrik Subdistrict, Magelang Regency. The study was conducted from November to December 2015 in the academic years of 2015/2016. The instrument in this study included observation sheet and a test. The result of the study shows that the space of service work and height of net modification method can improve underhand service skills of class 5 Selomoyo Elementary School, Kaliangkrik Subdistrict, Magelang Regency. Based on the test result in cycles I the students’ means score is 70, improving than before the action. Before the action students’ means score was 68. In cycles II the students means score is 80 and 90% could reach minimum mastery criteria (KKM) 75. Based on the student test result, on cycles II the means score of class 5 Selomoyo Elementary School, Kaliangkrik Subdistrict is 82 and this score fulfills (KKM) 75. The conclusion of the study is that space of service work and the heihgt of net modification could improved underhand service skill on miniature volleyball game learning.


Keywords


keterampilan servis bawah; permainan bolavoli mini; modifikasi pembelajaran; underhand service skill; miniature volleyball game; learning modification method

Full Text:

PDF

References


Suherman A. (2000). Dasar–dasar penjaskes. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah Departemen Pendidikan Nasional

Suryobroto A. S. (2004). Sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Beutelsthal Dieter. (2011). Belajar bermain bolavoli. Bandung: Pionir Jaya

Bompa, T.O. (1999). Periodization theory and methodology of training. Kendall /Hant: Human Kinetic.

Hidayatullah F. (2009). Guru Sejati: Membangun insan berkarakter kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Permana H. dan Suharjana (2013). Pengaruh sirkuit training awal ahir latihan tehnik terhadap kardiorespirasi, power, smash, pasing bawah atlet bola voli. Jurnal Keolahragaan Volume 1 - No. 1. Yogyakarta: PPs. Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2345

Suganda M. A. dan Suharjana (2013). Pengembangan model pembelajaran bolavoli pada siswa seklah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan Volume 1 - No. 2. Yogyakarta: PPs. Universitas NegeriYogyakarta. http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2571

Pardjono, dkk. (2007). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Raiola, G. (2012a). Bodily communication in volleyball between human and experimental sciences. Mediteran Journal of Social Sciences, 3(1), pp. 587-597.

Raiola, G. (2012b). Didactic of volleyball into the educate program for coaches/trainers/technicians of Italian Federation of volleyball (FIPAV). Pshysical Education and Sport, 12 (1) pp. 25-29.

Arikunto S. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barbara V. L. (2004). Bolavoli tingkat pemula. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v16i1.25296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

 

Flag Counter

Jorpres Stats