AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAH SAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTA

 Verida Oktafia

Abstract


AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI KEPERAWATAN PADA RUMAH
SAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTA
Oleh:
Verida Oktafia
NIM.08412147013
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pemberian
pelatihan dan pengembangan pada fungsi keperawatan, 2) mengetahui efektivitas
pada fungsi keperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra. Fungsi manajemen
keperawatan di Rumah Sakit Rajawali Citra sering disebut dengan fungsi
keperawatan yang memfokuskan pada fungsi perencanaan keperawatan, motivasi
karyawan, pengarahan, pengembangan staf, penilaian kinerja, mutu pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus dan melakukan observasi secara mendalam terhadap Rumah Sakit Rajawali
Citra Yogyakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam adalah wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan penetapan
suatu criteria (criteria), penentuan penyebab (causes) dan selanjutnya menentukan
akibat (effects). Proses ini diakhiri dengan pemberian rekomendasi untuk perbaikan
kepada manajemen.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) pemberian pelatihan
dan pengembangan pada fungsi keperawatan belum berjalan dengan baik, dilakukan
secara berkala setiap 1 tahun sekali selama 20 jam, tetapi anggaran dan tempat
pelatihan masih terbatas 2) Efektivitas pada beberapa fungsi keperawatan di Rumah
Sakit Rajawali Citra masih kurang, karena ada beberapa fungsi yang memiliki
kelemahan dan belum semua sesuai dengan sasaran atau tujuanya yaitu: a)
Perencanaan Keperawatan sudah berjalan dengan baik; b) Motivasi Kerja yang
diberikan kepada perawat sudah berjalan baik melalui pendekatan personal, namun
memiliki kelemahan belum ada peraturan tertulis; c) Pengarahan dengan melakukan
pembagian tugas berupa pendelegasian dari kepala ruang kepada perawat bawahanya.
d) Penilaian kinerja sudah cukup baik, unsur-unsur yang akan dinilai sangat
terperinci, tetapi kelemahannya hasil penilaian tidak transparan e) Sasaran mutu
pelayanan belum sesuai sasaran karena fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan
masih terbatas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.