ANALISIS KINERJA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN UNTUK KEPUTUSAN DALAM PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA (Studi Kasus Calon Debitur Pada PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro)

 JUWENAH JUWENAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebijakan pemberian kredit yang dilakukan oleh Bank BRI terhadap calon debitur dari PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro. (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi bahan pertimbangan PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro dalam melakukan analisis pemberian kredit kepada calon debitur. (3) mengetahui analisis kinerja calon debitur apakah layak atau tidak untuk menerima kredit dari PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro. (4) mengetahui penentuan besaran kredit modal kerja yang diberikan kepada perusahaan yang dapat dipenuhi oleh PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro apabila perusahaan dinyatakan layak untuk mendapatkan kredit.
Subjek penelitian ini adalah Calon Debitur pada PT. BRI (Persero) Tbk. Cik ditiro, sedangkan objek penelitian adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kinerja laporan keuangan perusahaan untuk keputusan dalam pemberian kredit modal kerja pada PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro untuk kedua calon debitur tersebut . Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan 5C untuk analisis kelayakan pemberian kredit, serta pendekatan spread sheet dan metode WCTO untuk mengetahui besar kredit modal kerja.
Dari hasil perhitungan dan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) kebijakan dalam pemberian kredit sudah dilaksanakan dengan baik oleh PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro baik dari segi prinsip utama dalam mengelola kredit maupun dari prosedur perkreditan yang sehat. (2) faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro untuk melakukan analisis pemberian kredit kepada calon debitur adalah dengan mempertimbangkan faktor 5C, yaitu character, capacity, capital, condition, dan collateral. (3) berdasarkan analisis 5C pada kedua calon debitur PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro dinyatakan layak untuk menerima kredit dari PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro. (4) berdasarkan perhitungan besaran kebutuhan modal kerja pada kedua calon debitur PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro yang telah dinyatakan layak untuk menerima kredit, maka diperoleh hasil besaran kredit untuk UD SUGIYONO kredit modal kerja yang dapat dipenuhi oleh PT. BRI (Persero) Tbk. Cik Ditiro adalah sebesar Rp. 1.675.000.000,- dan untuk ARIYANTO ST adalah sebesar Rp. 250.000.000,-.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.