PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta dan Bekasi)

Dyah Ismiyati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan asosiatif kausal dengan metode kuesioner sehingga data yang digunakan termasuk data primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik secara parsial maupun simultan pengaruh Pengetahuan dan Pengalaman Audit terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta dan Bekasi).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di kantor-kantor akuntan publik di Jakarta dan Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor dengan jumlah 50 orang pada 6 Kantor Akuntan Publik di Jakarta dan Bekasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengetahuan dan Pengalaman Audit, sedangkan variabel dependennya adalah Kualitas Audit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner atau angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: pertama, variabel Pengetahuan (X1) berpengaruh terhadap variabel Kualitas Audit (Y) yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi antara Pengetahuan dengan Kualitas Audit sebesar 0,300, nilai adjusted R Square (adjusted R2) sebesar 0,276, dan juga ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (4,439 > 2,0106) dengan signifikansi 0,000< 0,05 ; Kedua, variabel Pengalaman Audit (X2) berpengaruh terhadap variabel Kualitas Audit (Y) yang dibuktikan dengan nilai koefisien Regresi antara Pengalaman Audit dengan Kualitas Audit sebesar 0,393, adjusted R Square (adjusted R2) sebesar 0,142, dan juga ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,020 > 2,0106) dengan signifikansi 0,004 < 0,05; Ketiga, variabel Pengetahuan (X1) dan Pengalaman Audit (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kualitas Audit (Y) yang dibuktikan dengan nilai adjusted R Square (adjusted R2) sebesar 0,275, dan nilai F-hitung > F-tabel (10,309 > 3,23) dengan probabilitas < 0,05 (0,000 < 0,05).
Kata kunci: Kualitas Audit, Pengetahuan Auditing, Pengalaman Audit.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.