PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PDAM TIRTA SUKAPURA KABUPATEN TASIKMALAYA

 CUCU RISNAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya (2) Mengetahui pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya (3) Mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal komparatif . Populasi pada penelitian ini adalah 91 karyawan PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Dari 91 karyawan diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel 64 karyawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan observasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi: uji normalitas, uji heteroskedatisitas, uji multikolinieritas, uji linieritas. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,450>2,000) dan r hitung bernilai positif sebesar 0,560. (2) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,661>2,000) dan r hitung bernilai positif sebesar 0,646. (3) Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya, hal ini dibuktikan dengan bernilai positif 0,705, nilai F hitung > F tabel (30,078>3,15) dan r hitung bernilai positif sebesar 0,705.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.