PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSETS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009

 Zulfa Muthi'atillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan, (2) mengetahui pengaruh Return OnAssets terhadap Nilai Perusahaan, (3) mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, (4) mengetahui pengaruh Good Corporate Governance, Return On Assets dan Ukuran Perusahaan  secara simultan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2007-2009.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak sebanyak 11 perusahaan yang terdaftar secara berturut-turut di Bursa Efek Indonesia pada periode 2007-2009. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi. Pengujian asumsi klasik yang digunakan meliputi uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial dan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Good Corporate Governance berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan ditunjukkan dengan nilai koefisien X1 sebesar 132,525 dengan nilai signifikansi 0,017, (2) Return On Assets berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan ditunjukkan dengan nilai koefisien X2 sebesar 15.227,268 dengan nilai signifikansi 0,003, (3) Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan ditunjukkan dengan nilai koefisien X3 sebesar 699,338 dengan nilai signifikansi 0,042, (4) Good Corporate Governance, Return On Assets dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 5,582 dengan nilai signifikansi 0,004.

 

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Return On Assets, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.