Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam sistem manajemen perencanaan kepala sekolah

Hiyasintus Ile Wulogening, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Agus Timan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi Total Quality Management (TQM) dalam sistem manajemen perencanaan kepala sekolah pada SMA Swasta Katolik. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajan data, menarik kesimpulan atau verifikasi data dan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.  Temuan menunjukkan bahwa: 1.) Perencanaan program sekolah yang meliputi perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah serta rencana kerja sekolah yang terdiri atas 12 program sudah dilaksanakan; 2.) Rencana kerja bidang pendidikan telah disusun sesuai tupoksi dan kewajiban tenaga pendidik dan tenaga kependidikan seperti tertera dalam dokumen pedoman sekolah dan struktur organisasi sekolah yang telah diprogramkan; 3.) Kepala sekolah telah melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap seluruh proses kegiatan sesuai program kerja sekolah dan telah menyusun dokumen rencana pengembangan sekolah; dan 4.) Kepala sekolah bersama staf dan dewan guru telah membangun sistem informasi manajemen guna mendukung pengimplementasian budaya mutu dalam seluruh aspek baik fisik maupun nonfisik.

 

Abstract

This research aims to analyze the Total Quality Management (TQM) Implementation in The Principal Planning Management System at Catholic Privat High School. This research uses a qualitative approach design. Data collection techniques using observation techniques, interviews, and documentary studies. Data analysis techniques include data reduction, data intercepting, concluding/verifications, and data validity checking using data triangulation techniques. The findings show that: 1.) School program planning includes the formulation of the school and school work plan's vision, mission, and goals consisting of 12 programs that have been implemented; 2.) The work plan for the education sector has been prepared in accordance with the duties and responsibilities of teaching staff and education staff, as stated in the school guidelines document and school organization structure that has been programmed; 3.) The school principal has supervised and evaluated all the activities of activities according to the school work program and has compiled a school development plan document; and 4.) The principal with the school staff and the teachers have developed an information management system to support the implementation of culture quality in all aspects, both physical and non-physical.


Keywords


Kepala sekolah; sistem manajemen perencanaan; TQM; principal; planning management system

Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 1(2), 210-223. doi: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i2.2026

Buford, J. A., & Bedeian, A. G. (1988). Management in extension. Auburn: Alabama Cooperative Extension Servis, Auburn University.

Bush, T. (2003). Theories of educational leadership and management (3rd ed). Thousand Oaks: SAGE Publications Ltd.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240. doi: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1-11. Retrieved from http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/186

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2). Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/viewFile/455/409

Goetsch, D., & Davis, D. (1994). Introduction to total quality management: Quality, productivity, competitiveness. Upper Saddle River: Prentice-Hall Int. Inc.

Junaidah, J. (2016). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 100-118. doi: https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.802

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_19_07.pdf

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2015). Rencana strategis 2015-2019: Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan. Retrieved from http://risbang.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2018/01/Renstra-Dirjen-Risbang-2015-2019.pdf

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyadi, M. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Othman, I., Ghani, S. N. M., & Choon, S. W. (2020). The total Quality Management (TQM) journey of Malaysian building contractors. Ain Shams Engineering Journal, 11(3), 697-704. Doi: https://doi.org/10.1016/j.asej.2019.11.002

Rahmawati, D. (2012). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 107-118. doi: https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606

Ramdass, K., & Kruger, D. (2006). Repositioning quality culture in higher education. Johannesburg: University of Johannesburg.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management (11th ed). London: Pearson Education, Inc.

Rokib, M. N., & Santoso, D. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif dan komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 108-127. doi: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v11i2.1080

Sagala, S. (2010). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sonhadji, A & Huda, M. (2015). Asesmen kebutuhan, pengambilan keputusan, dan perencanaan: Matarantai dalam manajemen pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Subarjo, A. H. (2015). Pemanfaatan teknologi informasi untuk pendidikan. Jurnal Angkasa, 7(1), 45-56. Retrieved from http://stta.ac.id/data_lp3m/04.Mei2015_AbdulHaris.pdf

Sudibyo, L., & Sujono, S. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 2(20), 175-185. Retrieved from https://adoc.pub/peranan-dan-dampak-teknologi-informasi-dalam-dunia-pendidika.html

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, A. (2011). Implementasi total quality management dalam sistem manajemen mutu pembelajaran di institusi pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 1, 17–29. doi: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4188

Suryana, S. (2017). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/971/908

Sutarto, H. (2015). Manajemen mutu terpadu (MMT-TQM): Teori dan penerapan di lembaga pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syaiyid, E., Utami, H., & Riza, M. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja (studi pada karyawan radar Malang PT. Malang Intermedia Pers). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 104-113. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/16

Tjiptono, F., & Diana, D. (2000). Total quality management. Andi Offset.

Triwiyanto, T. (2013). Standar nasional pendidikan sebagai indikator mutu layanan manajemen sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 161-171. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v19i2.4208




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats