PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR "BE A SCIENTIST" DENGAN PROGRAM ADOBE FLASH CS3 UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5760Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media gambar "Be a Scientist" dengan program Adobe Flash CS3 untuk pembelajaran Sejarah kelas X SMA; (2) mengetahui kelayakan media gambar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development. Subjek uji coba dalam penelitian ini sejumlah 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas: wawancara, observasi, lembar penilaian, dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan produk yang dikembangkan adalah: (1) data yang diperoleh dari lembar penilaian dikonversi ke skala 100; (2) data dianalisis dengan statistik deskriptif; (3) data dianalisis menggunakan penilaian acuan patokan (PAP); (4) seluruh data dikonversi ke dalam skala 100 untuk menentukan kriteria kelayakan pada masing-masing aspek. Hasil penilaian menunjukkan bahwa skor media sebagai berikut: (1) aspek materi, penilaian layak dengan skor 79,4 dan kategori penilaian "B" (baik). (2) aspek media, penilaian layak dengan skor 81,6 dan kategori penilaian "B" (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar "Be a Scientist" yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran Sejarah di kelas X SMA pada materi pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
Kata Kunci: media gambar "Be a Scientist", pembelajaran sejarah, Adobe Flash CS3.style='mso-bidi-font-style: normal'>.
Kata kunci: connected, nested, parsial, berpikir kritis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index