IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION REPORT SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS CHARACTER BUILDING DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3715Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan metode group investigasi report dalam pembelajaran sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini berangkat dari banyaknya permasalahan dalam pembelajaran sejarah seperti tidak optimalnya penanaman nilai-nilai, dan tidak bervariasinya metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pengajar.
Penelitian dilakukan dengan metode campuran kualitatif-kuantitatif yang dilakukan di beberapa museum antara lain: Benteng Vredeburg, Kraton Yogyakarta, Monumen Yogya Kembali, dan Museum Perjuangan yang dilakukan mulai Februari sampai April 2011. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah populasi 74 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan t tabel 7. 294 > 1. 691. Ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis awal diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam karakter mahasiswa yang menggunakan metode group investigasi dengan yang tidak yaitu 2008-2010.
Kata kunci: tim investigasi report, pembangunan karakter, pembelajaran sejarah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index