IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION REPORT SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS CHARACTER BUILDING DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Authors

  • Wahyu Setyaningsih Universitas Negeri Yogyakarta
  • Waidkha Yuliati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Margareta H. Yuliana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan metode group investigasi report dalam pembelajaran sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini berangkat dari banyaknya permasalahan dalam pembelajaran sejarah seperti tidak optimalnya penanaman nilai-nilai, dan tidak bervariasinya metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pengajar.

 

Penelitian dilakukan dengan metode campuran kualitatif-kuantitatif yang dilakukan di beberapa museum antara lain: Benteng Vredeburg, Kraton Yogyakarta, Monumen Yogya Kembali, dan Museum Perjuangan yang dilakukan mulai Februari sampai April 2011. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah populasi 74 mahasiswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan t tabel 7. 294 > 1. 691. Ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis awal diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam karakter mahasiswa yang menggunakan metode group investigasi dengan yang tidak yaitu 2008-2010.

Kata kunci: tim investigasi report, pembangunan karakter, pembelajaran sejarah.

Downloads

Published

2015-03-05

How to Cite

[1]
Setyaningsih, W. et al. 2015. IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION REPORT SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS CHARACTER BUILDING DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. ISTORIA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 8, 1 (Mar. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3715.