PENGEMEANGAN BAHASA JA WA SEBAGAI BAHASA PENYULUHAN PEMBANGUNAN PADA JURU PENERANG SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 Sutrisna Wibawa

Abstract


Tujuan  utama  kegiatan  pengabdian   kepada  masyarakat   ini adalah  mengembangkan   dan meaerapkan   bahasa  Jawa,  idiom-idiom   bahasa  Jawa,  dan  seni  budaya  Jawa  guna  memenuhi kebutuhan  penyuluhan  pembangunan   pada parajuru   penerang  di DIY.
Oleh karena  bentuk  kegiatannya  berupa  pelatihan  dan lokakarya  keterampilan   berbahasa, maka metode  yang digunakan  adalah  ceramah,  diskusi,  laboratori,  dan praktik  lapangan.
Hasil   kegiatan  pengabdian    kepada   masyarakat    ini   adalah    khalayak    sasaran   telah
meningkat  kemampuan  berbahasa  Jawa  untuk komunikasi  lisan. Peserta  telah  dapat menyusun naskah  penyuluhan pembangunan  dalam bahasa  Jawa. Peserta telah dapat mengembangkan   dan menerapkan ragam   bahasa   Jawa,   yaitu   ragam   bahasa   krama  halus.  Peserta   telah   dapat mengembangkan dan  menerapkan   idiom-idiom   bahasa  Jawa  yang  berfungsi  sebagai  penjelas, alat  pendidikan   dan  pengawas   norma-norma   masyarakat   agar  selalu  dipatuhi.  Peserta  telah dapat mengembangkan     unsur   seni    dan   budaya    Jawa    untuk    mendukung     penyuluhan pembangunan,   dengan  menggunakan   karya  sastra  dan  budaya  Jawa  sebagai  sumber  nilai  dan hiburan.

Kata  kunci  : Bahasa   penyuluhan    pembangunan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 1411-3554 || e-ISSN: 2620-6404

Indexed by: