Pengaruh Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa di Pondok Pesantren Al Munawwir Yogyakarta

Nani Handayani

Abstract


Mahasiswa di Pondok Pesantren Al-Munawwir cenderung memiliki permasalahan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Pondok Pesantren Al-Munawwir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Munawwir. Subjek penelitian berjumlah 317 mahasiswa dari 15 komplek dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner online, yakni Google Form, yang terdiri Procrastination Scale milik Tuckman yang telah dimodifikasi dan skala regulasi diri yang telah peneliti susun. Validitas dalam skala regulasi diri menggunakan validitas isi melalui expert judgement. Validitas prokrastinasi dari Tuckman menggunakan uji validitas Confirmatory Factor Analysis CFA dengan memperoleh hasil model fit RMSEA (The Root Mean Square Error of Approximation ) =0.08. Reliabilitas dalam skala penelitian ini menggunakan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach dengan hasil sebesar 0.853 pada skala prokrastinasi akademik serta sebesar 0.850 pada skala regulasi diri. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi sederhana didapatkan nilai Asymp. Sig. sebesar α = 0,000 (p < 0,05) sehingga regulasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Hal tersebut menunjukan bahwa regulasi diri (X) dapat memprediksikan prokrastinasi akademik (Y) pada mahasiswa di Pondok Pesantren Almunawwir. Regulasi diri memberikan pengaruh sebesar 31,8% terhadap prokrastinasi akademik. Adapun garis persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= 119.414 -0.465 (X).



Keywords


Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2015). Validitas dan reliabilitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (edisi II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif komunikasi, ekonomi dan kebijakan publik serta ilmu-Ilmu sosial lainnya (edisi kedua). Jakarta: Kencana Predana Grup.

Burka, J., & Yuen, L. (2008). Procrastination why you do it, what to do about it now (Trish Wilk). Unites Stated of America: Da Capo Press.

Djunaidi, A. S. (2001). Sejarah dan perkembangan pondok pesantren almunawwir Krapyak Yogyakarta. Yogyakarta: Pengurus Pusat Pondok

Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Fadhila, L. N. (2017) “Pendidikan alternatif dengan model pesantren salafi-khalafi ( studi komplek R2 Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta)”, Jurnal At-Tanbawi, Volume. 2 No.1, Januari-juni

-17. hlm. 15-16

Ferrari, J. R. Johnson, J. L. & Mc Cown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press.

Ghufron, M. Nur. (2003). “Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orang tua dengan prokrastinasi akademik”. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi

Ghufron, M. Nur & Rini R.S. (2010). teori–teori psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz media

Hurlock, Elizabeth B. (1988). Perkembangan anak jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Penerjemah: Istiwidayanti). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Noor, J. (2011). Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah (pertama, cetakan ke-1 ed.). Jakarta: Kencana.

Notoatmodjo, A. (2010). Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Priska Devi A. (2007). Prokrastinasi pada mahasiswa dalam penyelesaian skripsi. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Rahmat, N. (2011). Pesantren modern di medan (Arsitektur Islam). Laporan perancangan tugas akhir. Medan : Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Rita, dkk. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Setiawati, F. A. (2017). Statistika terapan untuk penelitian pendidikan dan sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination : frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Sulistyoningsih, (2017) “Pesantren dan otoritas: Studi pemikiran Nyai Hj, Ida Fatimah, Krapyak, Yogyakarta”. Skripsi. Interdisiplynari Islamic Studis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamini K.B & minakhamy G. (2008). Academic procrastination and its relationship with self-esteem and Life satisfaction. Journal of Psychology, 7 (august), 87-104.

Tamami, Ana Nurul Ismi. (2011). Pengaruh pola asuh orang tua dan self regulated learning terhadap prokrastinasi pada siswa MTS N 3 Pondok Pinang. 5 Desember 2011. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and psychological measurement, 51(2), 473-480.

Umar, N. 2014. Rethinking pesantren. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wolters, C. A., Pintrich, P. R., & Karabenick, S. A. (2003). Assessing academicselfregulated learning. What Do Children Need to Flourish? Conceptualizing and Measuring Indicators of Positive Development, 5 (march), 251–270. https://doi.org/10.1007/b100487

Zimmerman, B. J. 1989. Models of self-regulated learning and academic achievement. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Self regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice (pp. 1-25). New York: Springer.




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v4i1.52471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.