Transformasi Humas Perguruan Tinggi di Era Distruptif 4.0 dan Society 5.0: Tantangan dan Strategi

Nur Lailly Tri Wulansari, Universitas Negeri Yogyakarta
Kurnia Nur Fitriana, Departemen Administrasi Publik FISHIPOL UNY
Nurul Khotimah, Departemen Pendidikan Geografi FISHIPOL UNY
Danu Eko Agustinova, Departemen Pendidikan Sejarah FISHIPOL UNY
Lena Satlita, Departemen Administrasi Publik FISHIPOL UNY

Abstract


Di era disruptif 4.0 dan society 5.0 seperti sekarang ini, posisi humas di perguruan tinggi memiliki tantangan untuk dapat meningkatkan citra di mata publik melalui berbagai media. Tentunya, dengan berpegang pada karakteristik perguruan tinggi yang mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu; pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Humas dalam perguruan tinggi diharapkan tidak hanya sebagai media promosi namun juga dapat sebagai media informasi bagi masyarakat, agar kampus lebih dikenal oleh kalangan publik. Sebagai garda terdepan di intitusi Humas dianggap perlu untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk memberikan informasi kepada publik. Selain memberikan informasi yang layak dan juga terpercaya, humas perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 harus menjalin dan membina hubungan dengan para stake holders baik itu disruptif maupun media. Maka dari itu, penelitian dengan gabungan metode kualitatif dan kuantitaif ini berusaha untuk mencari tantangan transformasi humas di perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 serta mendapatkan strategi transformasi humas di perguruan tinggi di era disupsi 4.0 dan society 5.0 supaya dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan bagi perguruan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi dan model pengembangan humas perguruan tinggi secara adaptive dan agile. Penelitian ini diorientasikan untuk menghasilkan luaran wajib berupa publikasi artikel ilmiah yang telah submit dalam jurnal internasional bereputasi terindeks (WoS, Scopus) dan luaran tambahan berupa buku referensi ber-ISBN tentang peran dan tranformasi humas perguruan tinggi di era disruptif 4.0 dan society 5.0 serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Kata Kunci: Transformasi, humas perguruan tinggi, strategi, disruptif 4.0, society 5.0


Keywords


Transformasi, humas perguruan tinggi, strategi, disruptif 4.0, society 5.0

Full Text:

PDF

References


Assegaf, D. H. (1987). Hubungan masyarakat dalam praktek. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Baran, J. S. & Davis, D. K. (2000). Mass communication theory: foundations, ferment and future. California: Wadsworth Publishing Company.

Creswell, J. W. (2013). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (3ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mello, Jeffrey A. (2006). Strategic human resource management. South Western: Thomson.

Miles, M. B., Huberman, A. M., dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook, (3ed.). USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Nurjani, N. P. S. (2019). Disrupsi industri 4.0; implementasi, peluang dan tantangan dunia industri Indonesia. Vastuwidya, 1(2), 23-32.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Mas Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100

Ratnasari, E., Rahmat, A., & Prastowo, F. X. A. A. (2018). Peran humas perguruan tinggi negeri badan hukum dalam implementasi kebijakan keterbukaan informasi. PRofesi Humas, 3(1), 21-38.

Ruslan, R. (2014). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sunawan. (2019). Pengembangan soft-skills dan kompetensi konselor di era society 5.0. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 3(1), 1-7.

Tui, F. P. (2022). Inovasi pelayanan publik melalui e-government di dinas kependudukan dan catatan sipil kota gorontalo. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik,9(2), 254-263.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v20i1.61641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Lailly Tri Wulansari, Kurnia Nur Fitriana, Nurul Khotimah, Danu Eko Agustinova, Lena Satlita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats