Pengaruh Kebahagiaan dan Manajemen Stres terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap (Studi kasus di RSUD dr. Djasamen Pematangsiantar Sumatera Utara)

Sari Yunita Sidabalok, IPB University, Indonesia
Andita Sayekti, Institut Pertanian Bogor, Indonesia

Abstract


Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan ini. Salah satu dari tenaga medis yang merupakan pihak yang bertanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan adalah perawat. Beban kerja yang dimiliki oleh perawat tidak ringan. Itulah mengapa perawat rentan mengalami kelelahan dan stres yang dapat memengaruhi kinerja. Namun, bekerja merawat orang lain juga dapat menjadi menyenangkan bagi perawat itu sendiri yang juga akan memengaruhi kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebahagiaan dan stres kerja perawat dengan mengidentifikasi faktor faktor yang memengaruhinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan jumlah 72 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis deskriptif, uji Chi-Square dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebahagiaan dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Secara parsial, kebahagiaan memiliki pengaruh terhadap kinerja namun stres kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja.

Keywords


kebahagiaan; kinerja; manajemen stres

Full Text:

Download PDF

References


Agustina. 2013. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Turnover Karyawan Bagian Produksi PT Longvin Indonesia Sukabumi Jawa Barat. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Anggraini R. 2018. Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Kebahagiaan di TempatKerja Pada Karyawan PT Pos Indonesia Pekanbaru. Jurnal Psikologi. 2(1).

Anggreini F. 2017. Hubungan Stres Kerja dan Kinerja Karyawan Kantor Perwakilan Jakarta PT Bukit Asam (Persero) Tbk. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Asi. 2013. Pengaruh Iklim Organisasi dan Burnout terhadap Kinerja Perawat RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Jurnal Aplikasi Manajemen. 11(3).

Cahyani D. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit 2. [skripsi]. Yogyakarta(ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Chinanti. Siswati. 2018. Hubungan Antara Kebahagiaan di Tempat Kerja Dengan Keterikatan Karyawan Pada Karyawan PT. Dwi Prima Sentosa Mojokerto. Jurnal Empati. 7(3).

Fauzan M. 2017. Pengaruh Stress Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Pematangsiantar. Jurnal Wawasan Manajemen. 5(1).

Fisher C D. 2010. Happiness at work. International journal of management reviews. 12 (4).

Gulavani. Shinde. 2014. Occupational Stress and Job Satisfaction among Nurses. International Journal of Science and Research. 3(4).

Hima. 2018. Happines Index: Kebahagiaan adalah Segalanya. FEB UNAIR. [Internet].http://himaep.feb.unair.ac.id/thinking-out-cloud/103-happiness-index-kebahagiaan-adalah-segalanya. Diakses pada 28 Juli 2019.

Helliwell J F. R Layard. Jeffrey D. Sachs. 2018. World Report Happiness. New York (USA): Sustain Development Solution Network.

Infodatin. 2017. Situasi Tenaga Keperawatan Indonesia. Jakarta (ID) : Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Ismirawati E. 2018. Pengaruh Kebahagiaan dan Budaya Organisasi terhadap Pelayanan perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad

Parikesit Tenggarong. Jurnal Motivasi. 1(1).

Iskandar D. 2018. Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Imlmiah Bisnis dan Ekonomi Asia. 12(1).

Kirk. 2105. Nurses at breaking point as number off work with stress soars. The Guardian [Internet]https://www.theguardian.com/society/2015/jan/17/nur ses-nhs-stress-leave-staff-breaking-point. Diakses pada 28 Juli 2019.

Juwita. Andy Saputra . Elisa . Maria Theresia. Tommy Y. S. Suyasa. 2018. Peran Psychological Detahcment dalam Mengatur Hubungan antara Job Stress dan Well-Being pada Perawat. Jurnal Muara Ilmu Sosial. Humaniora. dan Seni. 2(2).

Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.

Matheos. Meriam O. 2017. Faktor-Faktor Determinan Kebahagiaan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Bank Bukopin Tbk. Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 5(4).

Mondy R W. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta(ID): Ed ke-11. Erlangga.

Pahlevi I R. 2018. Analisis Tingkat Stres Kerja Karyawan PT Federal International Finance (Fif Group) Pos Citeureup. [skripsi]. Bogor (ID):Institut Pertanian Bogor.

Pierewan A D. Tampubolon G. 2015. Happiness and Health in Europe: A Multivariate Multilevel Model. Applied Research Quality Life. 10(10).

Pierewan A D. Veenhoven R. 2018. Quality of Life in Provinces in Indonesia As measured with Happy Life Years. Erasmus Happiness Economics research Organization.

Priyatno D. 2009. Belajar Cepat Olah Data Statistika dengan SPSS. Yogyakarta (ID): Penerbit Andi Yogyakarta.

Pryce. Jones. 2010. Happiness at Work: Maximizing Your Psychological Capital for Success. (USA): Wiley-Blackwell.

Rachmayani. Kumala. 2016. Pengaruh Perilaku Dominan dan Komitmen Perkawinan terhadap Kebahagiaan Perkawinan pada Istri Bekerja yang memiliki Penghasilan Lebih Tinggi dari Suami. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi. 2(2).

Siagian. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta (ID): Bumi Aksara.

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental; Konsep. Cakupan. dan Perkembangannya. Yogyakarta (ID): Penerbit Andi Yogyakarta.

Susanti E. 2008. Analisis Stres Kerja Karyawan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor (ID): Penerbit Ghalia Indonesia.

Suwanto H. Priansa D J. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung (ID): Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif. dan RdanD. Bandung (ID): Alfabeta.

Setyawan A. 2018. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Tiga Perusahaan Fabrikasi Lepas Pantai di Batam dan Karimun). Jurnal Akuntansi dan Inovasi Manajemen. 2(1).

Sopa I. 2011. Manajemen Pikiran dan Perasaan. Jakarta (ID): Zaman.

Wijayanto S A. 2017. Dampak Iklim Organisasi terhadap Kebahagiaan dan Kinerja Karyawan (Studi pada Universitas Muhammadiyah yogyakarta). Jurnal Bisnis. Manajemen. Dan Akuntansi. 4(1).

Wulandari. Widyastuti A. 2014. Faktor - Faktor Kebahagiaan di Tempat Kerja. Jurnal Psikologi. 10(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.26608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sari Yunita Sidabalok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats