Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED

Efendi Manalu, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Ease Arent, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSD  FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.


Keywords


model pembelajaran ARIAS , Pendekatan Kolaboratif, motivasi belajar mahasiswa, dan perilaku belajar (aktivitas) dalam proses pembelajaran

Full Text:

DOWNLOAD FULL PAPER

References


Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Dimyati, dkk (2002). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Purwanto, M. N. (1996). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Syah, M. (2004). Psikologi belajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sardiman. (2011). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta: Bandung.

Soemanto, W. (1983). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta: Malang.

Saw, M. (1979). Group dynamics: The psychology of small group behavior. Mc Graw Hill: New Delhi.

Syarif, K. dkk. (2016) Perkembangan peserta didik: Bahan Kuliah MKDK UNIMED. University Press: Medan.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Efendi Manalu dan Ease Arent

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats