Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS SMP

Azharotunnafi Azharotunnafi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarya, Indonesia
Muhsinatun Siasah M, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS; (2) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar auditorial; (3) metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar visual; dan (4) interaksi metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS.  Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dan terpilih SMP Negeri 2 Yogyakarta dan SMP Negeri 9 Yogyakarta. Validitas instrumen hasil belajar diukur dengan expert judgement dan reliabilitasnya dengan iteman. Validitas angket diukur dengan analisis faktor dan reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Homogenitas data menggunakan Levene test. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varian 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS (0,003 < 0,05); (2) tidak terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar auditorial (0,815 > 0,05); (3) terdapat pengaruh metode inquiry dan problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa gaya belajar visual (0,001 < 0,05); dan (4) terdapat interaksi pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS (0,001 < 0,05).

Keywords


metode pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar IPS

Full Text:

DOWNLOAD FULL TEXT

References


Kilbane, C.R. & Milman, N.B. (2014). Teaching models designing instruction for 21st century learners. New York: Pearson.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

O’Leary, C. & Stewart, J. (2013). The interaction of learning style and teaching methodologies in accounting ethical instruction. Journal of Business Ethics, 113(2), 225 - 241.

Rainsch, S. (2004). Dynamic strategic analysis: demystifying simple success strategies. Wiesbaden: Deutscher Universitasts-Verlag.

Sanjaya, W. (2006). Proses belajar mengajar berorientasi standar proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Ombak.

Utami, P., & Gafur, A. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SMP negeri di kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97-103. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/4622




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats