NEUROSCIENCE DALAM PEMBELAJARAN

Isniatun Munawaroh, , Indonesia
Haryanto Haryanto, , Indonesia

Abstract


Konsep Neuro Science merupakan pemaparan tentang otak ·
manusia yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Otak manusia
terdiri dari triliunan sel otak dan setiap sci otak tampak seperti
Gurita kecil yang begitu komplek. Set otak memiliki sebuah pusat
dengan banyak cabang dan setiap cabang memiliki banyak
koneksi. Tiap-tiap set otak tersebuat jauh lebih kuat dan canggih
daripada kebanyakan komputer di dunia ini. Setiap set tersebut
berhubungan dengan ratusan ribu sampai puluhan ribu set yang
lain dan mereka sating bertukar informasi. Dari triliunan sel otak
tersebut, sekitar sepersepuluhnya berisi neuron atau sel saraf aktif
yang mampu membuat hingga 20.000 koneksi yang berbeda
dengan sel-sel lain. Otak manusia memiliki empat bagian pada tiga
tingkatan yang berbeda dari atas batang otak dan yang keempat
terselip di bagian belakang. Otak manusia juga memiliki dua sisi
yang setiap sisinya mengontrol fungsi yang berbeda dan
memproses informasi dengan cara yang berbeda pula. Konsep tiga
otak dalam satu kepala ( otak triune) memberikan pemahaman
tentang cara kerja otak dalam hubungannya dengan proses
pembelajaran. Proses pembelajaran yang memaksimalkan fungsi
otak berarti tidak hanya memberdayakan saru belahannya saja,
tetapi mengupayakan pemaksimalan keduanya. Sehingga
menghasilkan siswa yang tidak hanya mampu berfikir berurutan
dan terstruktur tetapi juga mampu berfikir secara divergen, global
dan kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.