PENGARUH JET LAG DAN CARA MENGATASI TINJAUAN FISIOLOGI

Tri Prabowo,

Abstract


Suatu pertandingan tingkat dunia kadang tidak dilaksanakan di negeri  sendiri. Jarak yang jauh diharuskan ditempuh dalain waktu singkat. Untuk tujuan  tersebut pilihan yang tepat adalah dengan transportasi udara dengan pesawat.  Sehingga atlet, ofisial dan pelatih akan menempuh perjalanan singkat melewati  beberapa zona waktu. Akibat peristiwa tersebut penumpang pesawat sering  mengalami gangguan setelah tiba di negara tujuan. Beberapa gejala yang  muncul  pada keadaan ini antara lain kesulitan tidur, kelemahan dan hilangnya  nafsu makan.  Kondisi tersebut dikenal dengan istilah jet lag. la dapat  mengganggu penampilan  atlet pada pertandingan yang akan diikuti, sehingga  harus secepatnya dipulihkan.
Secara fisiologis tubuh manusia telah memiliki ritme sirkadian tertentu  yang telah diatur secara sentral. Kondisi tubuh manusia pada saat istirahat baik  temperatur badan, tekanan darah, denyat jantung, fungsi saluran cerna dan  saluran  kencing memiliki irama sirkadian tertentu. Jam biologis di dalam tubuh manusia  senantiasa berputar seiring kegiatan rutin yang dikerjakan.  Irama tersebut berjalan  kontinu dan akan berubah dengan adanya perubahan  pola kegiatan dan pengaruh  dan luar. Adanya perubahan akibat perjalanan  singkat trans meridian akan  mengacaukan ritme biologis tersebut.
Penelitian yang telah ada melibatkan beberapa subjek baik dari kalangan  atlet maupun nonatlet. Beberapa aspek berperan dalam proses adaptasi, berat  ringannya gejala dan kecepatan pemulihan. Arah perjalanan menuju negara  tujuan,  musim dan usia menjadi aspek penentu juga terhadap timbulnya jet lag. Untuk  mcngatasi jet lag ini dibutuhkan beberapa hal mulai dari  preadaptasi, pemilihan  menu makanan, fototerapi dan pemberian obat-obatan. Walaupun begitu,  motivasi atlet juga berperan untuk meringankan gejala dan  kecepatan adaptasi.


Kata kunci : jet lag, sirkadian, atlet


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats