KEGUNAAN REHABILITASI DAN TERAPI DALAM CEDERA OLAHRAGA

Ali Satia Graha,

Abstract


Cedera olahraga yang terjadi sangat bermacam-macam pada lokasi tubuh manusia, mulai dari tingkat paling ringan yaitu berupa nyeri, keluhan  lelah, dan  lesu berkepanjangan. Yang paling berat berupa hilangnya fungsi gerak karena  cedera otot atau patah tulang. Jika kondisi itu tidak ditangani dengan tepat, tentu  dapat mengganggu aktivitas kehidupan dan kesehatan  secara umum.
Terapi sangat membantu sebagai upaya penyembuhan cedera olahraga  dan bukan pengobatan cedera olahraga, karena dalam pelaksanaannya terapi  dalam rehabilitasi tidak menggunakan obat-obatan, namun melalui latihan dan  pemanfaatan alam sebagai sarana penyembuhan dalam penanganan cedera  olahraga.
Kegunaan rehabilitasi dan terapi dalam cedera olahraga sangat  bermanfaat bagi individu atlet yang membutuhkan layanan khusus. Ditinjau dari   segi medis hal ini mempunyai fungsi sebagai pencegahan, peningkatan,  penyembuhann, dan pemuliahan. Seorang olahragawan yang mengalami cedera  setelah melakukan aktivitas dapat kembali melakukan aktivitas olahraga tanpa  mengalami rasa nyeri maupun lelah setelah mendapatkan layanan rehabilitasi  dan terapi.


Kata-kata kunci: cedera olahraga, terapi, rehabilitasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats