PEMANFAATAN WAKTU LUANG MAHASISWA PROGRAM STUDl ILMU KEOLAHRAGAAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dapan , Fajar Setyawan,

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang  mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan FIK UNY.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan angket.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi  Ilmu Keolahragaan FIK UNY angkatan 2004, 2005, 2006, dan 2007, yang masih  terdaftar sebagai mahasiswa dan belum mengajukan Tugas Akhir Skripsi.  Jumlah  populasi sebanyak 103 orang mahasiswa. Penentuan jumlah sampel  menggunakan  Nomogram Harry King, dengan tingkat kesalahan 0,08, maka  diperoleh jumlah  sampel sebanyak 60 orang mahasiswa, yang diambil secara  random. Pengujian  Validitas menggunakan product moment dan pengujian  Reliabilitas dalam penelitian  ini menggunakan rumus alpha cronhach. Untuk  menganalis data yang terkumpul,  digunakan analisis statistik deskriptif dengan  persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 mahasiswa, 1 orang (1,7 %) dalam  kategori sangat baik, 6 orang (10 %) dalam kategori baik, 26 orang (43,3 %),  dalam  kategori cukup, 23 orang (38,3 %), dalam kategori kurang, dan 4 orang  (6,7 %)  dalam kategori sangat kurang. Dari perhitungan rerata dapat   disimpulkan bahwa  pemanfaatan waktu luang mahasiswa dalam kategori  cukup.


Kata Kunci: waktu luang, mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats