AKTIVITAS AKUATIK SEBAGAI TERAPI PSIKIS BAGI ANAK

Ahmad Rithaudin,

Abstract


Teknologi dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas.  Aktivitas hidup manusia dapat dilakukan dengan lebih efisien, apabila ditunjang  oleh teknologi. Efisiensi tersebut menyangkut pula pada pemanfaatan waktu  luang  yang digunakan setelah menyelesaikan aktivitas utama. Pemanfaatan  waktu tersebut  bisa mencakup aktivitas yang tidak jauh pula dari penggunaan  teknologi, seperti:  game online, playstation, ataupun sekedar menonton  televisi.
Aktivitas ini merugikan bagi anak, apabila berlangsung tanpa kendali. Aktivitas  ini akan mempengaruhi perkembangan fisik serta psikologis anak, apalagi saat   anak  dipisahkan dari kegiatan kesukaannya tersebut. Anak bisa saja marah,  kecewa,  serta stres meski dalam tingkatan yang rendah. Hal ini akan  berdampak baik secara  langsung terhadap kesehatan psikisnya anak tersebut.  Makalah ini akan membahas  tentang peran aktivitas akuatik sebagai media  terapi bagi kesehatan psikis anak.
Aktivitas akuatik dalam wujud permainan di air diharapkan dapat menjadikan  anak lebih bisa mengungkapkan perasaan, pemikiran serta jati dirinya. Setelah  anak  mengikuti aktivitas akuatik tersebut anak menjadi lebih mengerti akan  kondisi  dirinya. Hal ini akan berakibat kesehatan psikis anak akan menjadi  lebih baik.


Kata Kunci: aktivitas akuatik, terapi psikis, anak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats