PROFIL KEBUGARAN AWAL MEMBER BARU PRIA USIA 20-25 di FITNESS CENTER GEDUNG OLAHRAGA FIK-UNY

Suharjana , Gilang Anggarkusuma,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kebugaran awal member baru  pria Fitness Center Gedung Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas   Negeri  Yogyakarta (GOR FIK UNY) , meliputi pengukuran daya tahan jantung  paru,  kelentukan, kekuatan otot, dan lemak. Analisis profil kebugaran  memudahkan  penentuan program yang tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei.  Sampel dalam penelitian ini adalah member baru pria fitness center GOR FIK UNY  yang berjumlah 20 orang, dengan instrumen yang digunakan berupa tes   dan pengukuran. Instrumen yang digunakan merupakan tes yang telah standar.   Komponen  tes yang diukur yaitu daya tahan jantung paru, fleksibilitas,  kekuatan otot, dan lemak.  Untuk menganalisis data digunakan teknik  deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan profil kebugaran awal member baru pria umur  20-25 Fitness Center Gedung Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas   Negeri  Yogyakarta (GOR FIK UNY) berdasarkan tes daya tahan jantung paru  masuk dalam  kategori sangat baik sebanyak 11 orang (55 %), kategori buruk   sebanyak 3 orang  (15 %), kategori cukup sebanyak 4 orang (20 %), kategori   baik dan superior sebanyak  1 orang (5%), dan adak ada yang masuk dalam kategori excellent. Berdasarkan tes  kelentukan masuk dalam kategori kurang  sebanyak 11 orang (55 %), kategori baik  sebanyak 5 orang (25 %), kategori  bagus sebanyak 4 orang (20 %), dan tidak ada  yang masuk dalam kategori  luar biasa dan sangat bagus. Berdasarkan tes kekuatan  otot masuk dalam  kategori sangat kurang sebanyak 9 orang (45 %), kategori kurang  sebanyak 5 orang (25 %), kategori cukup sebanyak 6 orang (30 %), dan tidak ada  yang masuk dalam kategori istimewa dan baik. Berdasarkan tes lemak masuk dalam
kategori lemak sangat tinggi atau sangat gemuk sebanyak 5 oarang (25 %),  kategori  lemak tinggi atau gemuk sebanyak 3 orang (15 %), kategori normal  sebanyak 7 orang  (35 %), kategori kurus sebanyak 2 orang (10 %), dan   kategori sangat kurus sebanyak  3 orang (15 %). Dari peneiitian ini dapat  disimpulkan bahwa profil kebugaran awal  member baru pria Fitness Center GOR FIK UNY Yogyakarta masih kurang baik,  sehingga dibutuhkan pemberian  program yang tepat.


Kata Kunci: member fitness center, profil kebugaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats