OPTIMALISASI DAN ARAH PENGEMBANGAN LABORATORIUM ANATOMI , FISIOLOGI DAN HISTOLOGI FIK-UNY

Moch. Noerhadi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa tentang tingkat penggunaan, cara meningkatkan penggunaan (optimalisasi) dan arah pengembangan laboratorium anatomi, fisiologi dan histologi FIK UNY.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester ganjil yang mengambil mata kuliah Anatomi, Fisiologi dan Histologi. Jumlah sampel didasarkan pada saturasi tema pada focus group discussion maupun in-depth interview. Pemilihan sampel pada mahasiswa dilakukan berdasarkan teknik convenience sampling, sedangkan pada in-depth interview dengan pengelola laboratorium dengan mempergunakan teknik criterion sampling. Pengelola laboratorium yang diwawancarai adalah kepala laboratorium dan tekniksi laboratorium yang dianggap berperan dalam menentukan arah perkembangan laboratorium.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa mata
kuliah dan praktikum Anatomi, Fisiologi dan Histologi sangat bermanfaat bagi
mahasiswa. Walaupun sebagian mahasiswa masih mengalami kesulitan untuk memahami materi kuliah dan praktikum dikarenakan bekal yang didapat  dirasakan belum mencukupi. Hal yang dikeluhkan mahasiswa adalah  manajemen alat-alat Anatomi, Fisiologi dan Histologi belum terorganisir dengan baik. Pengelola laboratorium juga merasakan adanya kendala pada fasilitas-fasilitas yang ada, terutama disebabkan oleh jumlah mahasiswa yang terus bertambah, sedangkan fasilitas yang dimiliki tidak mengalami peningkatan yang berarti.


Kata kunci: optimalisasi dan pengembangan laboratorium


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats