HUBUNGAN TINGKAT PENGHASILAN, TINGKAT PENDIDIKANDAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANGMAKANAN BERGIZI DENGAN STATUS GIZI

Irfan Dwi Febrianto dan Cerika Rismayanthi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat Penghasilan,Tingkat Pendidikan, dan Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang MakananBergizi dengan Status Gizi Siswa TK Islam Zahrotul Ulum, Karangampel,Indramayu.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik angket danpengukuran status gizi. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa TK IslamZahrotul Ulum, Karangampel, Indramayu yang berjumlah 38 orang. Instrumenpenelitian untuk mengukur tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, dan tingkatpengetahuan orangtua tentang makanan bergizi menggunakan angketsedangkan status gizi siswa menggunakan perhitungan BMI. Teknik menganalisisdata menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi tiga prediktoryakni tingkat penghasilan (X1), tingkat pendidikan(X2) dan tingkat pengetahuanorangtua (X3) terhadap variabel outcome yakni status gizi (Y) dengan tarafsignifikan 5 %.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan bermakna antaratingkat penghasilan orangtua dengan status gizi siswa dengan r= 0,649, 2) terdapathubungan bermakna antara tingkat pendidikan orangtua dengan status gizi siswadengan r= 0,590, 3) terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuanorangtua dengan status gizi siswa dengan r= 0,574, serta 4) terdapat hubunganbermakna positif antara hubungan tingkat penghasilan, tingkat pendidikan,dan tingkat pengetahuan orangtua tentang makanan bergizi dengan status gizisiswa dengan r= 0,759. Ketiga variabel bebas tersebut secara bermaknamemberikan sumbangan sebesar 57,545 %, dengan model statistik status giziY= 4,525 + 0,000767 X1 + 0,472 X2 + 0,453 X3.Kata Kunci: tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, makanan bergizi,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v0i1.4591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats