The level of motor ability of soccer athletes in the FC UNY Academy in 2020

Yudanto Yudanto, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1, Karangmalang Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Tifa Alfian, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No. 1, Karangmalang Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


This research aims to find out the level of motor ability of the Football Athlete at the FC UNY Academy in 2020. The purpose of this study was to determine the level of motor ability of the Football Athlete at the FC UNY Academy in 2020. This research was a quantitative research with survey method. The research population was 24 Soccer players from Yogyakarta State University FC Academy in 2020. The test instruments used in this study are using the Barrow motor ability test which includes: Standing broad jump , Soft ball throw , Zigzag run , Wall pass , Medicine ball put , Running 60 yard dash. Measuring instruments used to measure are stopwatch and meter. Data analysis techniques using descriptive analysis with percentage. The results of the research on the motor ability level of Football Athletes at the FC UNY Academy in 2020 as the following:  2 athletes (8.33%) are in very high category, 2 athletes (8.33%) are in high category, 10 athletes (41.67 %) are in moderate category, 8 athletes (33.33%) are in poor category, 2 athletes (8.33%) are in very poor category.

 

Tingkat kemampuan motorik atlet sepakbola di Akademi FC UNY tahun 2020

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kemampuan motorik Atlet Sepakbola Di Akademi FC UNY Tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik Atlet Sepakbola Di Akademi FC UNY Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes pengukuran untuk mendapatkan data. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Atlet Sepakbola Di Akademi FC UNY Tahun 2020 yang berjumlah 24 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes Barrow motor ability test yang meliputi: Standing broad jump, Soft ball throw, Zig-zag run, Wall pass, Medicine ball put, Lari 60 yard dash. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur adalah stopwatch dan meteran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil dari penelitian tingkat kemampuan motorik Atlet Sepakbola Di Akademi FC UNY Tahun 2020 sebagai berikut bahwa 2 atlet (8,33%) berada pada kategori sangat tinggi, 2 atlet (8,33%) berada pada kategori tinggi, 10 atlet (41,67%) berada pada kategori sedang, 8 atlet (33,33%) berada pada kategori kurang, 2 atlet (8,33%) berada pada kategori sangat kurang.


Keywords


Kemampuan Motorik, Atlet Sepakbola, Akademi FC UNY, Motor Ability, Football Athletes

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Beltasar Tarigan. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepakbola. Jakarta: Depdiknas.

Djoko Pekik Irianto, (2002). Dasar Kepelatihan. Jogyakarta: FIK UNY.

Elene Elyonara, (2012). Kemampuan Motorik Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 3 Gamping. Jogyakarta: FIK UNY.

Elizabeth B. Hurlock, (1980). Perkembangan Gerak Anak. Jakarta: Erlangga.

Febri Nurcahyo. (2013). Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepakbola di SMP Negeri 3 Godean Sleman. Yogyakarta: FIK UNY.

Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Hurlock, E. B. (1980). Perkembangan Gerak Anak. Jakarta: Erlangga.

Kiram, Y. (1992). Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud.

Ma’mun, A. & Saputra, Y. M. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.

Muthohir dan Gusril. (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-anak. Jakarta: Depdikbud RI.

Mochamad Sajoto, (1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (P2LPTK).

Nurhasan. (2000). Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rini, E. (2007). Perkembangan Motorik (diktat). Yogyakarta: FIK UNY.

Rusli Lutan. (1988). Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Saifuddin Azwar. (2005). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Scheunemann, Timo (2005). Dasar Sepak Bola Modern untuk pemain dan pelatih. Malang: Dioma

Setyo Nugroho. (2005). Status Kemampuan Motorik Umum Siswa Sekolah Sepakbola Di Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Yogyakarta: FIK UNY.

Sucipto, Dkk. (2000). Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukadiyanto. (1997). Penentuan tahap Kemampuan Motorik Anak Sekolah Dasar (Majalah Ilmiah).Yogyakarta: FPOK IKIP.

Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.

Sulistiyono. (2010). Somatotype Penjaga Gawang Unit Kegiatan Mahasiswa Sepakbola UNY Tahun Pelatihan 2010/2011. Jurnal Olahraga Prestasi, Volume 6, Nomor 2, Juli 2010. Yogyakarta: FIK UNY

Soekatamsi. 2000. Permainan Sepakbola I. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan guru dan Tenaga Teknis.

Toho Cholik & Gusril. (2004). Pembelajaran Motorik. Diakses dari http://taraprahas.blogspot.com/pembelajaran-motorik.html. Pada tanggal 20 februari 2020.

Yhana Pratiwi dan M. Kristanto. (2015). Upaya Maningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2015/2015. Jurnal Ilmu Keolahragaan. PAUDIA.

Yudanto. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 3, Nomor 3, November 2016. Yogyakarta: FIK UNY

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v19i2.35045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats