PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KOLAM RENANG UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KAMPUS WATES

Martono Martono, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Karangmalang Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates merupakan sarana tempat yang disewakan untuk umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan  terhadap kepuasan pengguna kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta Wates. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna di kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X) dan Kepuasan pelanggan (Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pengguna kolam renang UNY Wates yang terletak di Jalan Mandung Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta 55651. Penelitian ini menggunakan sampel berukuran 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survai dengan menggunakan instrumen angket. Objek penelitian ini berupa kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna kolam  renang Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates yang meliputi tangible, responsiveness, assurance, dan emphaty. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah dengan mengonversikan menjadi kategori sangat memuaskan, memuaskan, tidak memuaskan, dan sangat tidak memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan yang diterima oleh pengguna kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates adalah memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan yang diterima oleh pengguna kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta kampus Wates adalah memuaskan dengan presentase sebesar 69%.

 

THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON THE CUSTOMERS’ SATISFACTION AT THE SWIMING POOL OF YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY WATES.

Abstract

Swiming pool  of  Yogyakarta State UniversityWates is a sport facility that is for rent to the public. This research aims to determine the influene of service quality on the customers’ satisfaction  at swiming pool of Yogyakarta State University Wates. The problems in this research were whether service quality have the impact to the customers’ satisfaction at swiming pool of Yogyakarta State University. The research variables were Service Quality (X)) and Customers’ Satisfaction (Y). This research was descriptive quantitative. The subjects at this study were customers of swiming pool of Yogyakarta State University Wates at Mandung Street,  Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651. This study consisted of 100 respondents. The sampling used in this research was by using accidental sampling method. The data collection technique used were survey using questionnaires. The objects of this research were service quality  on the customers’ satisfaction at the swiming pool of Yogyakarta State University Wates which includes tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The data analysis technique used was by converting into highly satisfactory, satisfactory, unsatisfactory, and very unsatisfactory categories. The results show that users’ satisfaction of swiming pool of Yogyakarta State University Wates is satisfactory. The customers’ satisfaction at swiming pool of Yogyakarta State University Wates was satisfying with a percentage of 69%.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M.M., & Parvez, N. (2009). Impact of services quality, trust, and customer satisfaction on customer loyalty. ABAC Journal, 29(1), 24-38.

Arikunto, S. (1999). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariyani, F. (2008). Membangun loyalitas nasabah melalui peningkatan kualitas pelayanan dan keunggulan produk (studi empiris pada pt. bank bukopin tbk di kota semarang), Tesis, Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.

Kottler, P. (1994). Marketing management analysis and planning, implementation and control. 8th ed. Prentice Hall Inc. USA.

Kottler, P. (1998). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi, dan kontrol. Jilid Dua. (Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli. Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo. Buku asli diterbitkan tahun 1997.

Kotler, P., et al. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid Satu. (Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli dan Benjamin Molan. Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo. Buku asli diterbitkan tahun 2000.

Kumar, M., Kee, F. T., & Manshor, A. T. (2010). Determining the relative importance of critical factors in delivering service quality of banks: an application of dominance analysis in servqual model, Managing Service Quality, 19(2), 211-228.

Panjaitan, Januar, E., & A. L. Yuliati. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada JNE cabang bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 142-167.

Payne, A. (2000). Pemasaran jasa. (Fandy Tjiptono. Terjemahan). Yogyakarta: Andi Offset. Buku asli diterbitkan tahun 1993.

Sugiyono. (1999). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2002). Strategi pemasaran. Ed. 2. Cet. 5. Yogyakarta: Andi Offset.

Walsh, G., Groth, M., & Wiedmann, K. P. (2005). An examination of consumers’motives to switch energy suppliers, Journal of Marketing Management, 21, 421-440.

_____________, Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats