HUBUNGAN STATUS HIDRASI DENGAN VO2 MAX PADA ATLET SEPAK BOLA

Ari Widya Putra Pratama,
Cerika Rismayanthi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Masih banyak atlet yang kurang memperhatikan tingkat kebugaran jasmaninya agar dapat mencapai performa terbaik, dan juga pemenuhan cairan dalam tubuh yang masih dianggap tidak penting. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status hidrasi terhadap VO2max pada atlet sepak bola.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes status hidrasi menggunakan kolorisasi warna urin atau PURI dan VO2max mengunakan tes balke (lari 15 menit). Subjek penelitian yang digunakan adalah atlet sepak bola Beringin Putra Football Club Wonosobo yang berjumlah 18 atlet. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 5 %.
Berdasarkan hasil analisis hubungan status hidrasi dengan VO2max diperoleh harga rhitung = -0,794 > r(0.05)(17) = 0,389, hasil tersebut disimpulkan ada hubungan antara status hidrasi terhadap VO2max pada atlet sepak bola Beringin Putra Football Club Wonosobo.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v17i1.23496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats