PENGARUH CIRCUIT BODYWEIGHT TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN JANTUNG-PARU DAN PERSENTASE LEMAK

Ali Abdul Hakim,
Yudik Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Sebagian besar warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta memiliki tingkat kebugaran yang kurang baik dan lemak berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh circuit bodyweight training terhadap daya tahan jantung-paru dan persentase lemak warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Blok Pathuk Ngampilan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak enam orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan yaitu tes rockport, timbangan, omron body fat monitor. Analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan variabel antara pretest dan posttest pada eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukkan uji-t data daya tahan jantung-paru diperoleh nilai Sig 0,771 > 0,05, maka tidak ada peningkatan yang signifikan. Hasil uji-t data persentase lemak diperoleh nilai sig 0,036 < 0,05, maka terdapat penurunan lemak yang signifikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v17i1.23495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats