PROFIL DAYA TAHAN AEROBIK POSISI GUARD, FORWARD, DAN CENTER ATLET BOLA BASKET

Muhamad Fanani Augi Nugraha, Universitas Negeri Yogyakarta
Cerika Rismayanthi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Pemahaman atlet bola basket Kabupaten Indramayu tentang daya tahan aerobik masih terbatas. Tidak optimalnya daya tahan aerobik dapat mengakibatkan penurunan kemampuan konsentrasi, kecepatan reaksi dan mudah lelah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan aerobik posisi guard, forward, dan center atlet bola basket Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah atlet bola basket Kabupaten Indramayu dengan jumlah 30 atlet. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument yang digunakan adalah yo-yo intermittent recovery test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase, yang terbagi dalam enam kategori pada norma VO2 Max.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa daya tahan aerobik (VO2 Max) atlet bola basket Kabupaten Indramayu yang terdiri dari 30 atlet terdapat 25 atlet (83,33 %) dalam kategori sedang. Daya tahan aerobik (VO2 Max) pada posisi guard (80 %) dalam kategori sedang, posisi forward (81,81 %) dalam kategori sedang, dan posisi center (88,89 %) dalam kategori sedang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v16i1.23480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats