PENGARUH WEIGHT TRAINING DAN BODY WEIGHT TRAINING TERHADAP POWER TUNGKAI ATLET BOLA TANGAN

Rizki Muhammad Afif , Ahmad Nasrullah,,

Abstract



Belum diketahuinya latihan berpengaruh untuk meningkatkan power tungkai atlet bola tangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh weight training terhadap power otot tungkai atlet bola tangan, (2) mengetahui pengaruh body weight training terhadap power otot tungkai atlet bola tangan, dan (3) mengetahui metode latihan yang lebih berpengaruh antara weight training dan body weight training terhadap power otot tungkai atlet bola tangan.
Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan two group pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah atlet bola tangan Yogyakarta dengan jumlah 16 atlet. Pembagian kelompok dalam penelitian ini dengan cara A-B-B-A yaitu setelah hasil tes awal diranking kemudian subjek yang memiliki prestasi dipasang-pasangkan ke dalam dua kelompok kemudian diberi perlakuan. Untuk kelompok I latihan dengan metode weight training dan kelompok II latihan dengan metode body weight training. Hasil post test diuji menggunakan uji t test.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari weight training terhadap power otot tungkai atlet bola tangan Yogyakarta, dengan nilai signifikan 0,000 (p< 0,000), (2)Terdapat pengaruh yang signifikan dari body weight training terhadap power otot tungkai atlet bola tangan Yogyakarta, dengan nilai signifikan 0,000 (p< 0,000). (3) Berdasarkan statistik nilai rata-rata (mean), power otot tungkai pada kelompok weight training lebih tinggi dari pada power otot tungkai pada kelompok body weight training. Dapat disimpulkan bahwa weight training lebih berpengaruh meningkatkan power otot tungkai dibanding body weight training.
Kata kunci: weight training, body weight training, power dan bola tangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v15i1.10072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 MEDIKORA



Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats