HUBUNGAN MINAT MEMBACA, FASILITAS ORANG TUA, DAN PEMBERIAN TUGAS MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Romafi Romafi, SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes, Indonesia
Tadkiroatun Musfiroh, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  untuk mengungkapkan hubungan minat membaca, fasilitas orang tua, dan pemberian tugas membaca di sekolah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian  ex post facto dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN Negeri di Kabupaten Brebes. Sampel ditentukan lewat teknik stratified random sampling berdasarkan nilai akreditasi sekolah A, B, dan C. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi sederhana, korelasi parsial, dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah minat membaca (X1), fasilitas orang tua (X2), dan pemberian tugas membaca di sekolah (X3) berhubungan positif dan signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman (Y) pada siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Brebes (ry1-23=0,294, ry2-13=0,302, ry3-12=0,255, Ry-123= 0,489).

Kata kunci: minat membaca, fasilitas orang tua, pemberian tugas membaca, kemampuan membaca pemahaman

 

THE RELATIONSHIP AMONG INTEREST IN READING, PARENTS’ FACILITIES, AND GIVING TASKS IN SCHOOLS WITH THE READING COMPREHENSION

Abstract

This research was aimed to reveal the relationship among interest in reading (X1), parents’ facilities (X2) and giving task of reading in school (X3) jointly with the  reading comprehension (Y) in the students of the eighth grade of State Junior High School (SMP) in Brebes Regency. This was an ex post facto research with the population of all eighth grade students in Brebes Regency. The samples were determined by a stratified random sampling technique based on school accreditation strata of A, B and C. Data was analyzed using a descriptive analysis. The pre-condition test was conducted by normality, linearit, and homogeneity tests. The hypothesis examination was conducted by a simple correlation, partial correlation, and multiple correlations. This research result was  interest in reading (X1), parents’ facilities (X2) and giving task of reading in school (X3) jointly positively and significantly related to the reading comprehension (Y) in the students of the eighth grade of State Junior High School (SMP) in Brebes Regency (ry1-23=0,294, ry2-13=0,302, ry3-12=0,255, Ry-123= 0,489).

Keywords: interest in reading, parents’ facilities, giving task in school, reading comprehension

Keywords


minat membaca; fasilitas orang tua; pemberian tugas membaca; kemampuan membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah. Hasil akreditasi. Diambil tanggal 29 April 2013 dari (http://www.ban-sm.or.id/provinsi/jawa-tengah/akreditasi).

Bappenas. Bidang Pembangunan sosial budaya dan kehidupan beragama. 02 - buku -ii- rkp- 2012 diambil 17 April 2013 dari (http://www.bappenas.go.id/get-file-server/node/10836/).

Darwanto. (2013). Sebuah koreksi 100 hari kerja Bupati Brebes. Diambil 15 Maret 2013 dari (http://www.panturanews.com).

Dimyati, V. (2013). IPM Indonesia naik peringkat. Diambil 22 Mei 2013 dari (http://www.jurnas.com/news/85371/IPM_Indonesia_Naik_Peringkat/1/Sosial_Budaya/Humaniora).

Donoghue, M.R. (2009). Language arts: integrating skills for classroom teaching. New York: SAGE Publications, Inc.

Iskandarwassid & Suhendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

PIRLS. (2011). Home environment support for reading achievemen. Diambil dari (http://timssandpirls.bc.edu/pirls2011/downloads/P11_IR_Chapter4.pdf).

Schunk, D.H., Pintrich, P.R, & Meece, J. L. (2010). Motivation in education. London: Pearson Education International.

Singh, Y.K. (2006). Research methodology and statistics. New Delhi: New Age International (P) Limited Publishers.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudiana, I.N. (2004). Pengembangan minat baca di daerah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No 2, 100-113.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno. (1998). Kondisi pengajaran bahasa indonesia di SLTP. Jurnal Penelitian Pendidikan IKIP Malang.

Suryaman, M. (2012). Metodologi pembelajaran bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Suryaman, M. (Mei 2013). Mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kebijakan kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional peran guru bahasa Indonesia untuk mengoptimalkan potensi peserta didik dalam Kurikulum 2013, di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Syam, N. (2012). Budaya baca santri masih lemah. Diambil Rabu, 19 Desember 2012 dari (http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=114870/).

Syamsudin & Damanianti, V. S. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufani. (2008). Menginstal minat baca siswa. Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi.

Umek, L.M., et.al. (2008). Children’s intelectual ability, family environment, and preschool as predictors of language competence for 5-year-old children. Journal Studia Psychologica, 50, 2008, I, 31-48.

UNDP. (2013). Human development report 2013. Diambil 22 Mei 2013 dari (http://hdrstats.undp.org/images/explanations/IDN.pdf).




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Romafi Romafi, Tadkiroatun Musfiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats