TELAAH SOAL UJI COBA I BAHASA INDONESIA DI SMP KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2013

Mushoffa Mushoffa, SMP Negeri 1 Leksono Kabupaten Wonosobo, Indonesia
Burhan Nurgiyantoro, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan indikator dalam kisi-kisi soal, keterwakilan setiap kompetensi dasar dalam kisi-kisi soal, kesesuaian antara kisi-kisi soal dan soal, serta capaian daya serap setiap kompetensi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kisi-kisi soal, soal, dan capaian daya serap dari soal uji coba I bahasa Indonesia di SMP kabupaten Wonosobo tahun 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ketepatan indikator dalam kisi-kisi soal termasuk kategori tepat (86,4%) dengan rincian ketepatan indikator pada kategori sangat tepat sebesar 22%, tepat sebesar 68%, cukup tepat sebesar 8%, kurang tepat sebesar 2%, dan tidak tepat sebesar 0%; (2) keterwakilan setiap kompetensi dasar dalam kisi-kisi soal uji coba I bahasa Indonesia Kabupaten Wonosobo dalam kategori sangat terwakili (96,7%); (3) kesesuaian antara kisi-kisi soal dan soal uji coba I bahasa Indonesia Kabupaten Wonosobo tahun 2013 termasuk kategori sesuai (86%); dan capaian daya serap untuk seluruh kompetensi dasar dalam soal uji coba I bahasa Indonesia Kabupaten Wonosobo tahun 2013 termasuk kategori rendah yaitu sebesar 56,89% dengan rincian capaian pada kategori sangat tinggi sebesar 0%, tinggi sebesar 14%,  sedang sebesar 24%, rendah sebesar 30%, dan sangat rendah sebesar 32%.

Kata Kunci: telaah, kisi-kisi soal, soal, daya serap

 

THE ANALYSIS OF THE FIRST TRY OUT OF INDONESIAN LANGUAGE TEST IN JUNIOR HIGH SCHOOLS OF WONOSOBO REGENCY IN 2013

Abstract

This study aims to describe the accuracy of the indicators in the table of specifications, the representation of each basic competence in the table of specifications, the compatibility between table of specifications and test items, and the learning outcomes performance of each basic competence of the test items. This research is qualitative-quantitative descriptive. The subjects were the table specifications, test items, and the learning outcomes performance of the first try out of Indonesian language test in junior high schools of Wonosobo regency in 2013. Data were collected through the reading and recording. The results are as follow. (1) the accuracy of the indicators in the table specifications at accurate category (86,4%) within the accuracy of indicators at very good category (22%), good category (68%), medium category (8%), low category (2%), and very low category (0%); (2) the representation of each basic competence in the table specifications at very representive category (96,7%); (3) the compatibility between the table specifications and test items at compatible category (86%); and (4) the learning outcomes performance of all the basic competencies are included in the low category (56,89) within the learning outcomes performances at very good category (0%), good category (14%), medium category (24%), low category (30%), and very low category (32%).

Keywords: analysis, table of specifications, tes items, learning outcomes.

Keywords


telaah; kisi-kisi soal; soal; daya serap

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad, M. G. & Ridwan, S. H. (2004) Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Depdiknas. (2007). Panduan penulisan soal pilihan ganda. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang.

Depdiknas. (2010). Materi bimbingan teknis KTSP dan soal terstandar 2010: panduan pengembangan indikator. Jakarta: Kemendikas.

Fives, H. & Nicole D.B. (2013). Classroom test construction: the power of a table of specifications. Diambil dari Error! Hyperlink reference not valid. pada 10 Desember 2013.

Gronlund, N.E. (1998). Assessment of student achievement. Boston: Allyn & Bacon.

Keraf, G. (2004). Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rahardi, K. (2009). Penyuntingan bahasa Indonesia untuk karang-mengarang. Jakarta: Erlangga.

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia, teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudijono, A. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surapranata, S. (2005). Analisis, validitas, reliabilitas, dan interpretasi hasil tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thorndike, R.M. & Christ-Thorndike, T. (2010). Measurement and evaluation in psychology and education. Boston: Pearson Education Inc.

Uno, H.B. & Koni, S. (2012). Assessment pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Mushoffa Mushoffa, Burhan Nurgiyantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats