Kajian aliran filsafat pendidikan dalam buku ajar bahasa Jawa Pustaka Basa untuk kelas VIII sekolah menengah pertama

Venny Indria Ekowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Darmiyati Zuchdi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis aliran filsafat pendidikan yang terdapat dalam buku ajar bahasa Jawa “Pustaka Basa” untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis konten inferensial. Prosedur analisis konten yang dilakukan adalah: (1) pengadaan data, (2) reduksi data, (3) inferensi dengan berusaha sebaik mungkin agar tidak mengurangi makna simboliknya dan menggunakan konstruk analitis, dan (4) analisis data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif ranah konseptual. Validitas data menggunakan validitas semantis sedangkan reliabitiasnya menggunakan test-retest reliability. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam aliran filsafat dalam sumber data, yaitu: (1) perenialisme, (2) esensialisme, (3) progresivisme, (4) realisme, (5) eksistensialisme, dan (6) humanis religius.

 

Study of educational philosophy in the Javanese text book “Ajar Basa” for class VIII junior high school

 

Abstract

This research aims to analyze the educational philosophy contained in the Javanese textbook "Ajar Basa" for class VIII SMP. This research uses inferential content analysis research design. The content analysis procedures performed are: (1) data procurement, (2) data reduction, (3) inference by trying as best as possible so as not to reduce its symbolic meaning and using analytical constructs, and (4) data analysis. Data analysis uses qualitative conceptual analysis. Data validity uses semantic validity while reliability uses test-retest reliability. The results showed six philosophical streams in the data source, namely: (1) perennialism, (2) essentialism, (3) progressivism, (4) realism, (5) existentialism, and (6) religious humanists.


Keywords


filsafat; pendidikan; bahasa; Jawa; Pustaka; Basa; SMP

Full Text:

Fulltext PDF

References


Amka, A. (2019). Filsafat pendidikan. Nizamia Learning Center.

Anggoro, B. (2018). “Wayang dan Seni Pertunjukan” Kajian sejarah perkembangan seni wayang di tanah Jawa sebagai seni pertunjukan dan dakwah. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(2), 122–133. https://doi.org/10.30829/j.v2i2.1679

Arifin, R. (2013). Kajian kesesuaian buku ajar “Sinau Basa Jawa Gagrag Anyar” dengan KTSP mata pelajaran bahasa Jawa SD kelas 2 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/24769/

Dewey, J. (2009). Democracy and education. GRIN Verlag.

Djojonegoro, W. (1996). Lima puluh tahun perkembangan pendidikan Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Echols, J. M., & Pigeaud, T. G. T. (1969). Literature of Java. Catalogue Raisonné of Javanese manuscripts in the library of the University of Leiden and other publications in the Netherlands. Vol. I. Synopsis of Javanese literature, 900-1900 A. D.Literature of Java. Catalogue Raisonne of Javanese . Journal of the American Oriental Society, 89(3).

Fadlillah, M. (2017). Aliran progresivisme dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i1.322

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 64 Tahun 2013 tentang Mata Pelajaran Bahasa Jawa Sebagai Muatan Lokal Wajib Di Sekolah/Madrasah, Pub. L. No. 64 (2013).

Harmon, D. A., Harmon, D., & Jones, T. S. (2005). Elementary education: A reference handbook. ABC-CLIO.

Istyanto, I. (2013). Kesesuaian buku ajar “Laksita Basa 1” dengan kurikulum KTSP mata pelajaran bahasa Jawa kelas X SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawati, I. (2015). Modul pelatihan pengembangan bahan belajar.

Moedjanto, G. (1987). Konsep kekuasaan Jawa: Penerapannya oleh raja-raja Mataram. Kanisius.

Nunn, T. P. (1920). Education: its data and first principles. Longmans, Green and Company.

Nurcholis, N. (2010). Reorientasi dan implementasi pendidikan humanis religius. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 1–14. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6440/1/Jurnal 11.pdf

Ornstein, A. C., & Levine, D. U. (1985). An introduction to the foundations of education. Houghton Mifflin Harcourt (HMH).

Padmosoekotjo, S. (1960). Ngéngréngan kasusastran Djawa kanggo para siswa sekolah guru lan sekolah landjutan lijané. Toko buku Surja.

Permatasari, A. S. (2009). Analisis metafora dalam bebasan ancangan pragmatik [Universitas Indonesia]. http://aunilo.uum.edu.my/Find/Record/id-ui-lib.123465

Pigeaud, T. G. T. (1967). Literature of Java Vol. I: Synopsis of Javanese literature. In Codices Manuscripti IX. The University Library.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Pub. L. No. 13 (2012).

Rouffaer, G. P. (1931). Rouffaer over de vorstenlanden 1905. Nijhoff/Leiden.

Rukiyati, R., & Purwastuti, L. A. (2015). Mengenal filsafat pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadjati, I. M. (2019). Hakikat bahan ajar. In Pengembangan Bahan Ajar (pp. 1–62). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf

Setyanto, E. (1993). Peribahasa dalam Bahasa Jawa: Relevansinya dengan masalah-masalah kekinian. In Pusaran Bahasa dan Sastra Jawa. Balai Penelitian Bahasa.

Sharma, R. N. (2000). Text book of educational philosophy. Kanishka Publishers.

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Wasmana, W. (2018). Modul pengantar filsafat pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan Siliwiangi. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/materi/wasmana/modul-pengantar-filsafat-pendidikan/

Wedhawati, W., Nurlina, W. E. S., Setiyanto, E., Marsono, M., Sukesti, R., & Baryadi, I. P. (2006). Tata bahasa Jawa mutakhir. Kanisius.

Windarti, W., & Wulandari, A. (2019). Pustaka basa. CV Raditya Buana.

Zuchdi, D., & Afifah, W. (2019). Analisis konten etnografi & grounded theory dan hermeneutika dalam penelitian. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v7i1.30547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Venny Indria Ekowati, Darmiyati Zuchdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats