PENGARUH MENONTON ACARA BERBAHASA INGGRIS, LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Varida Waty Rahayu, SMP Negeri 1 Satui Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Indonesia
Bambang Sugeng, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh menonton tayangan televisi berbahasa Inggris terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Satui. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kecamatan Satui yang terdiri atas 671 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple proportional random sampling. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif menonton tayangan televisi berbahasa Inggris terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 17,154 dan signifikasi 0,000 (p < 0,05). (2) Terdapat pengaruh positif lingkungan tempat tinggal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 19,331 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (3) Terdapat pengaruh positif dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 24,651 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (4) Terdapat pengaruh positif menonton tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa secara bersama-sama dengan nilai F regresi sebesar 12,606 dan signifikansi pada 0,000 (p < 0,05).

Kata kunci: tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dukungan orang tua, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Varida Waty Rahayu, Bambang Sugeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats