Pengembangan kamus bahasa Jawa digital berbasis android

Nur Hanifah Insani, Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Mulyana Mulyana, Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Jawa digital berbasis android serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran bahasa Jawa berbasis android. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari Borg & Gall dengan model prosedural yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap pengembangan produk, serta tahap evaluasi (ujicoba) produk. Penilaian produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru bahasa Jawa, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran kamus bahasa Jawa berbasis android termasuk dalam kategori baik sekali. Demikian juga ahli media, ahli materi, juga guru bahasa Jawa menilai kualitas multimedia pembelajaran bahasa Jawa baik sekali. Para siswa juga sangat setuju dengan adanya mulitmedia kamus bahasa Jawa digital berbasis android. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk kamus bahasa Jawa digital berbasis android sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa.

 

Developing android-based javanese digital dictionary

 

Abstract

This research aims to develop android-based Javanese digital dictionary and to reveal the quality of android-based Javanese digital dictionary. The study is a research and development adapted from Borg and Gall that consist of preliminary studies, product development, and evaluating the product. The product assessment was conducted by a media expert, a material expert, Javanese teachers and the students. The data collecting technique was done by using questionnaires, then it was analysed using descriptice quantitative technique. The results of this research show that the product resulted of developing android-based Javanese digital dictionary falls into the category of very good. From the view of experts in media and material also Javanese teacher rates the quality of the multimedia is very good. The students also very agree with the product has been made. Based on the results, the product of android-based Javanese digital dictionary is very feasible to be used in Javanese learning.


Keywords


pengembangan; media pembelajaran; kamus bahasa Jawa digital; andorid; development; product; android-based Javanese digital dictionary

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19 - 23. doi:10.19184/jukasi.v5i1.8010

Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1-15. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/356

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2017). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55-61. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p055

Azmi, N., Maryono, D., & Rosihan, A. Y. (2016). Android based application for supporting English for disability. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 2(1), pp. 194-201.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction. Longman Publishing

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2007). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Georgiev, T., Georgieva, E., & Smrikarov, A. (2004). M-learning-a New Stage of Е-Learning. International Conference on Computer Systems and Technologies-CompSysTech, 4(28), pp. 1-4.

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking education in the age of technology: The digital revolution and schooling in America. Teachers College Press.

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42. doi:https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Latuheru, J.D. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research. Ectj, 30(4), 195-232.doi:https://doi.org/10.1007/BF02765184

Lukman, L., & Ishartiwi, I. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan model mind map untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-122. doi:https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2523

Meier, R. (2012). Professional android 4 application development. John Wiley & Sons.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia: Studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77. doi:10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4), 1-10.

Ramadhani, T., Koryati, D., & Deskoni, D. (2015). Analisis model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34-45. Retrived from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5532

Safaat, N. (2012). Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika.

Usman, M. B., & Asnawir, H. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, T., Herkulana, H., & Achmadi, A. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1). Retrived from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23511

Silviarista, M., & Setyosari, P. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile untuk mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa kelas VIII SMP. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 22-27. Retrived from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2389




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v6i1.24435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Hanifah Insani, Mulyana Mulyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats