BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS JENDER SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Lilik Wahyuni, FISH IKIP Budi Utomo Malang
Endang Sumarti, FISH IKIP Budi Utomo Malang
Rokhyanto Rokhyanto, FISH IKIP Budi Utomo Malang

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan buku ajar bahasa Indonesia
berbasis jender yang difokuskan pada: (1) karakter yang dikembangkan dalam buku
ajar bahasa Indonesia berbasis jender, (2) materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis
jender, dan (3) struktur buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender. Rancangan penelitian
menggunakan model Dick, Carey, dan Carey yang dimodifikasi berdasarkan keperluan
pengembangan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, karakter yang dikembangkan
dalam buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender adalah siswa yang mampu mengakses,
berpartisipasi, mengontrol, memanfaatkan praktik kehidupan tanpa membedakan jenis
kelamin. Kedua, materi pembelajaran
bahasa Indonesia berbasis jender dikembangkan
sesuai dengan nilai-nilai jender dan nilai-nilai matapelajaran bahasa Indonesia. Ketiga,
struktur buku ajar bahasa Indonesia berbasis jender harus memperhatikan: (1) struktur
tampilan, (2) struktur bahasa, (3) keterpahaman,
(4) struktur stimulan, (5) struktur teks
(keterbacaan), dan (6) struktur materi instruksional.
Kata kunci: buku ajar, berbasis jender, karakter, materi pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter