STRUKTUR SEMANTIK SOAL CERITA MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Sumarwati Sumarwati, FKIP Universitas Sebelas Maret
Budiyono Budiyono, FKIP Universitas Sebelas Maret

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) tipe struktur semantik soal cerita
matematika kelas rendah di sekolah dasar, dan (2) sumber kesulitan siswa di kawasan
pedesaan dalam memahami soal cerita. Sumber data adalah buku teks Matematika untuk
siswa kelas rendah. Informan meliputi 821 siswa dan 36 guru di kawasan pedesaan
Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, dan Klaten. Pengumpulan data dengan
analisis dokumen, wawancara, dan tes memahami soal cerita. Data dianalisis dengan
teknik deskriptif kuantiatif, induksi analitis, perbandingan konstan, dan analisis tipologis.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, tipe struktur semantik mencakup empat
penunjuk operasi hitung, yakni: (a) penjumlahan, berupa: penggabungan, penyatuan, dan
perbandingan; (b) pengurangan, berupa: pemindahan, pemisahan, dan perbandingan; (c)
perkalian, berupa: penggandaan, kelipatan, dan penyamaan; dan (d) pembagian, berupa:
pengelompokan, penyebaran, dan penyamaan. Kedua, sumber kesulitan siswa, yakni: (a)
kata tidak berantonim sebagai penunjuk operasi hitung penjumlahan dan pengurangan,
(b) frase lebih tua/besar, lebih muda/banyak, dan (c) kata jumlah.
Kata kunci: soal cerita matematika, struktur semantik, operasi hitung matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                                 

 

__________________________________________________________________________________________________

 

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter